MotoGP 2020: Partai Final Pindah dari Valencia ke Portimao, Ronde Ke-14

Selasa, 11/08/2020 00:05 WIB

mobilinanews (Potugal) - Akhirnya tercapai juga cita-cita Dorna Sports untuk menggelar serial MotoGP 2020 dalam 14 ronde. 

The Algarve International Circuit atau akrab disebut Sirkuit Portimao di Portugal akan menggelar MotoGP kali pertama pada 20-22 November 2020.

Itu hasil kesepakatan Dorna selaku pemilik event MotoGP dengan manajemen sirkuit Portimao pada Senin, 10 Agustus 2020. Dengan demikian tradisi partai final yang selama ini berlangsung di Valencia, Spanyol, kini pindah ke Portugal.

Ini kali pertama Portimao menggelar MotoGP meski sudah beberapa tahun menghelat serial WSBK yang juga milik Dorna. Portugal sendiri terakhir menggelar MotoGP pada 2012 di Sirkuit Estoril.

"Ini berita bagus, MotoGP kembali ke Portugal. Kami sudah sepakat dengan Portimao sejak 2017 dan sejak itu mereka jadi penyelenggara cadangan jika ada event yang batal. Ini penantian yang sangat lama," ucap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Antusiasme tinggi juga dilontarkan Direktur Sirkuit Portimao Paulo Pinheiro. Ia akui penantian panjang sejak 2017 dan terus mengadaklan kontak dengan Dorna sejak tahun tersebut.

"Akhirnya kerja keras tim kami berbuah. Sungguh fantastis membawa kembali MotoGP, ajang balap motor terbesar sedunia,  ke Portugal," katanya.

Pinheiro memprediksi event di sirkuitnya akan meriah karena keberadaan Miguel Oliveira sebagai local hero.

Pembalap tim Red Bull KTM Tech3 itu baru saja sukses mencapai hasil terbaiknya di kelas primer, finish ke-6 di GP Rep.Ceko lalu di mana pembalap KTM lainnya, Brad Binder, secara mengejutkan jadi juara.

Dengan kemungkinan pada November itu penonton sudah bisa hadir ke sirkuit, Pinheiro meramlakan antusiasme fans akan sangat besar.

"Dan, semoga partai penentuan gelar juara dunia 2020 juga bisa berlangsung di sini," harapnya.

Tadinya Dorna juga merencanakan tiga partai tambahan di luar Eropa (Malaysia, Thailand, dan Argentina) tapi dibatalkan karena wabah virus Covid-19 belum dianggap aman, dan faktor transportasi dan logistik jadi hambatan.

Jumlah 14 seri tahun ini adalah yang maksimal bisa dilakukan Dorna, itu pun dengan penyelenggaraan dobel di beberapa negara (Spanyol dan Austria). (rnp)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas