F1 Spanyol 2020: Panasnya Barcelona, Mercedes Ekstra Waspada

Kamis, 13/08/2020 10:41 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Setiap sirkuit punya keunikan sendiri-sendiri seperti sidik jari. Montmelo di Catalunya, Barcelona, Spanyol, salah satu yang paling unik dalam kalender F1. Ke sanalah akhir pekan ini Mercedes dengan duet Lewis Hamilton-Valtteri Bottas berangkat dengan penuh keraguan. 

Trek sepanjang 4,655 km dan berliku dengan 16 tikungan ini sangat ideal untuk pengujian mesin, aeoridinamika, dan pastinya ban. Ban sangat vital tak hanya karena cuaca panas barcelona, tapi juga terpengaruh kecepatan dan arah angin yang berubah-ubah.

Tak heran kalau Barcelona rutin menjadi arena tes pra musim. Pada dua kali tes jelang musim 2020 lalu Mercedes terkuat di sini. Tapi, apakah mereka akan terkuat juga pada GP Spanyol, 14-16 Agutus 2020 ini?

Sama sekali tak ada jaminan. Data terkoleksi pada awal tahun itu tak bisa jadi acuan karena suhu udara dan lintasan yang bakal jauh lebih panas pada pertenghan Agustus. Suhu lintasan pada akhir pekan ini diperkirakan tak jauh beda dengan dua seri Silverstone lalu, kisaran 40 derajat celcius, yang membuat Mercedes W11 dua kali terkendala.

Di seri GP Inggris, ban kiri Hamilton dan Bottas jebol. Di seri sepekan kemudian, ban keduanya mulai tergerus meski baru laju 6 putaran. Semuanya karena ban mereka lebih cepat aus dibandingkan rival.

Andrew Shovlin, Trackside Engineering Director Mercedes,  menyebut kejadian itu bisa saja terulang di Barcelona yang bisa jadi sedikit lebih panas dari Silverstone.

"Kami berharap tak demikian. Tapi, sangat bodoh jika berpikir hal sama tak mungkin terulang. Tak mungkin terjadi di Montmelo," katanya.

Shovlin menyebut jedah beberapa hari antara Silverstone ke Barcelona menjadi hari-hari kerja keras di markas Mercedes. Yang dicari hanya satu hal, mengapa performa ban mereka sangat buruk?

"Seperti apa hasil dan solusinya, saya pikir GP Spanyol menjadi ujian tepat untuk mengetahui apakah kami sudah lepas dari masalah tersebut atau belum."

Jadi, jelas, kekuasaan Mercedes saat winter tes sama sekali tak jaminan ke seri Spanyol akhir pekan ini. Dua sesi FP pada Jumat (14/8) menjadi ajang tes tersendiri Mercedes. Itu kalau tak ingin dipermak rival seperti pekan lalu. (rnp)

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!