F1 2020: 10 Hari Lagi Pengumuman Sebastian Vettel - Aston Martin?

Senin, 17/08/2020 22:12 WIB

mobilinanewws (Spanyol) - Isu Sebastian Vettel akan mendarat di Racing Point yang berubah nama jadi Aston Martin tahun depan, masih panas. Perusahaan raksasa Meksiko dikabarkan siap bayar 15 juta USD agar Vettel batal gantikan Sergio Perez

Uang besar yang dibawa 3 sponsor pribadi Perez dan di satu sisi nama besar serta reputasi Vettel memang jadi dilema tersendiri bagi Racing Point.

Untuk musim 2021 bahkan sponsor ini menaikkan nilai partisipasi sebesar 15 juta USD agar Perez tak jadi digantikan Vettel. Apalagi Perez sudah ikat kontrak jangka panjang dengan Racing Point.

Berpengaruhkah itu?

Jawabnnya 10 hari lagi, persisnya di GP Belgia pada 26-28 Agustus 2020 di Sirkuit Spa-Franchorchamps. Pengumuman resmi kolaborasi Vettel - Aston Martin dikabarkan berlangsung di sana. Jadi atau tidak belum diketahui.

Vettel sendiri berusaha mengelak dengan jawaban-jawaban diplomatis saat ditanyakan hal tersebut.

"Pada saat kita bicara ini belum ada apapun yang baru. Tapi, Anda tak perlu menjadi orang pintar atau ahli isu untuk mengetahui bahwa kursi tahun depan sudah sangat terbatas," katanya, merujuk peluang sisa di Aston Martin setelah satu tempat yang diincar sebelumnya di Mercedes dan Red Bull kini sudah tertutup rapat.

Ia sendiri sangat yakin akan tetap mengaspal tahun depan di trek F1. Mendapatkan mobil bagus yang memungkinkannya bertarung di baris depan.

"Saya ingin dalam sebuah tim yang bergerak maju. Tentu saja saya juga harus menikmatinya," kata Vettel yang sudah sangat tak nyaman dengan mobil maupun suasana tim di Ferrari.

Sehingga sempat juga beredar kabar ia mungkin akan tinggalkan Ferrari sebelum akhir kontrak tahun ini alias hengkang di tengah kompetisi.

Sejauh ini, berbagai sinyal positif memang mengarah pendaratan Vettel ke Aston Martin tahun depan.

Mercedes sebagai pemasok mesin Racing Point maupun Aston Martin nantinya sangat berkepentingan untuk mempertahankan driver Jerman di grid F1.

Sejak Nico Rosberg mundur pada akhir 2016 dan Nico Hulkenberg tak dapat tempat di 2020 maka Vettel satu-satunya yang berpaspor Jerrman di F1. Mercedes sebagai brand nasional Jerman tentu punya tanggung jawab moral menjaga hal itu.

Sinyal lain keakraban Vettel belakangan ini dengan team owner Lawrence Stroll maupun Team Principal Racing Point Otmar Szafnauer.

Vettel juga dapat dukungan dari Team Principal Mercedes di F1, Toto Wolff, yang juga salah satu pemegang saham di Aston Martin. (rnp)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!