Makin Banyak Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Jarak Contraflow Diperpanjang

Kamis, 20/08/2020 23:58 WIB

mobilinanews (Bogor) - Di tengah pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih memakan banyak korban, ternyata masih banyak masyarakat yang berbondong-bondong memilih kawasan Puncak, Bogor sebagai destinasi long weekend. 

Tercatat sebanyak 162.938 kendaraan telah meninggalkan Jakarta sejak H-1 Libur Tahun Baru Islam. Jumlah tersebut hasil akumulasi dari beberapa Gerbang Tol (GT), yakni GT Cikupa (Barat), GT Ciawi (Selatan), serta GT Cikampek dan GT Kalihurip Utama (Timur).

"Total kendaraan meninggalkan Jakarta naik 39,2 dari hari biasa," papar Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, pada Kamis (20/8/2020).

Rinciannya, sebanyak 47,94 persen menuju ke arah Timur atau Cikampek dan Padalarang, sedangkan 29,30 persen menuju arah Barat, dan 22,75 persen ke arah Selatan.

Karena padatnya volume lalu lintas, Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan membuka contraflow di tol Jakarta - Cikampek.

Dimulai dari pukul 09.00 WIB, contraflow diberlakukan di KM 47 sampai KM 53 arah Cikampek. Namun karena volume lalu lintas semakin meningkat, contraflow diperpanjang menjadi sampai KM 61.

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini merupakan diskresi Kepolisian. Agar optimal, Jasa Marga mempersiapkan petugas serta rambu-rambu.

"Dengan diberlakukannya contraflow ini diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di titik pertemuan Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di Km 48," sebut Dwimawan Heru.

Wah ramai banget, mending #DiRumahAja deh biar istirahat dan mengurangi penularan COVID-19. (lila)

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata