Wow, Mulai 1 Oktober 2020 Bisa Kredit Motor Tanpa DP!

Sabtu, 22/08/2020 20:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Surprise itu datang dari Bank Indonesia (BI), yang menyatakan mantap menghapus atau meniadakan uang muka (down payment) kredit bagi sejumlah transaksi kendaraan bermotor. 

Pihak BI ingin memberikan kelonggaran bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan dengan sistem kredit melalui BI.

Mereka juga mengklaim mendukung pembiayaan bermotor berwawasan lingkungan. 

"Bank Indonesia akan menurunkan uang muka atau down payment (DP) dari 10 persen ke 0 persen," Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia.

Nggak hanya itu, penurunan DP 10 persen menjadi 0 persen juga berlaku untuk kendaraan roda tiga atau lebih atau kendaraan non-produktif.

"Efektif berlaku mulai 1 Oktober 2020," ujar Perry Warjiyo.

Perry menambahkan, kebijakan ini juga disertai dengan kehati-hatian, yakni dengan memilih perbankan yang memiliki rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) di bawah 5 persen.

Ke depannya, BI tetap menempuh kebijakan makroprudensial akomodatif sejalan ketentuan kebijakan yang ditempuh sebelumnya.

"Ini sebagai upaya kebijakan nasional, termasuk berbagai upaya untuk memitigasi risiko di sektor keuangan akibat pandemi Covid-19," kata Perry. (lila)

TERKINI
OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama dari VMK Racetech RT Sabet Juara OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya