Kenapa Kei-car Daihatsu New Tanto Belum Dipasarkan di Indonesia? Ini Penjelasannya!

Minggu, 13/09/2020 18:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Meski menjadi produk unggulan di Jepang, Daihatsu New Tanto nampaknya masih belum bisa masuk pasar Indonesia, nih.

Pasalnya, dari survey yang dilakukan Astra Daihatsu Motor (ADM), Kei-car atau kendaraan ramah lingkungan yang ini belum cocok dengan karakter di Indonesia. 

"Masyarakat Indonesia mayoritas masih memilih mobil 7 penumpang dengan kapasitas diatas 1000cc," ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM.

Padahal city car 650cc ini bisa melaju layaknya mobil bermesin 1000cc tanpa mengurangi efektivitas bahan bakar.

Selain itu modelnya yang mini juga cocok untuk 'nyempil' di jalanan Jakarta demi menghindari macet.

Lalu ke depannya apakah ada kemungkinan New Tanto akan dibawa ke Indonesia?

"Dipastikan tidak akan masuk Indonesia ya, Kei-car tidak cocok dengan keadaan Indonesia," jawab Amel, sapaan akrab Amelia Tjandra.

New Tanto merupakan mobil Daihatsu pertama yang mengadaptasi sasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA) di Jepang.

Mengaplikasikan konsep 1-1-1-1, yang memiliki filosifi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.

Artinya, kendaraan dengan platform DNGA memperhitungkan segala aspek detail meliputi ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan kendaraan yang efisien.

Selain New Tanto, sudah ada mobil lainnya yang mengadaptasi DNGA, yakni Daihatsu Rocky dan New Taft. (lila)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060