Sttt...Jangan Beli Mobil Dulu, Harga Turun Jika Pemerintah Jadi Bebaskan Pajak Hingga 0%!

Jum'at, 18/09/2020 17:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sttt...Jangan beli mobil baru dulu. Pasalnya, jika rencana penghapusan pajak sampai 0% terhadap penjualan mobil baru jadi diberlakukan, harga mobil diprediksi akan lebih murah hingga 50 persen. Wow! 

Tujuan pemerintah adalah untuk menstimulir industri otomotif yang terkena dampak pandemi Covid-19 ini. Namun dampaknya nggak bisa dihndari lagi, harga mobil baru bakal terjun bebas. Mobil yang harganya Rp 200 jutaan diramal akan turun ke level Rp 100 jutaan.

Ketua umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengungkapkan, misalnya saja untuk PKB (pajak kendaraan bermotor) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), untuk Avanza bisa turun Rp 15 juta-20 juta dengan tak adanya BBNKB.

"BBNKB selama ini ditarik oleh masing-masing provinsi. Belum lagi adanya penghapusan pajak yang bisa dilakukan oleh pemerintah pusat, seperti Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Nantinya harga off the road sebuah mobil merupakan harga resmi yang sudah bisa turun ke jalan," ungkap Yohannes Nangoi.

Apalagi bila Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) sebesar 10% dihapus, maka harga mobil sekelas Avanza bisa lebih murah berkurang sampai Rp 40 juta.

Saat ini harga Avanza tipe terendah Rp 197 juta (on the road), bila dihitung dengan pengurangan PPnBM hingga tak ada BBNKB dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) maka harga Avanza bisa jadi mendekati di angka Rp 100 jutaan.

Di pasar, kabar ini tentu jadi angin segar. Pada Rabu (16/9), harga saham emiten otomotif maupun sektor pendukungnya bergerak bervariatif saat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi. Secara keseluruhan, saham otomotif sempat bergerak hijau menyambut kabar positif tersebut.

Apakah perlu menunda dulu pembelian mobil baru saat ini? Sebaiknya memang begitu. Tetapi keputusan menunda apa tidak itu ada di tangan Anda. (wan)

TERKINI
Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y