Digerogoti Corona, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Turunkan Target Penjualan!

Rabu, 23/09/2020 01:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sektor otomotif nampaknya tak luput dari efek pandemi COVID-19 ini, apalagi pada penjualan sepeda motor. Dikatakan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penurunan terjadi secara drastis.

Padahal, pada kuartal I (Januari - Maret 2020) penjualan terbilang stabil, lebih dari 500 ribu unit ludes terjual. Meski begitu, ternyata ada penurunan pada jangka waktu tersebut.

"Terkoreksi terjadi penurunan 6,5 persen saat kuartal I," ungkap Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI.

Sigit menambahkan, kelumpuhan penjualan terjadi pada akhir Maret, hingga pada April penurunan sebanyak 79 persen. Akibat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabodetabek.

"Mei, saat PSBB dijalankan di semua wilayah, makin merosot lagi penjualan sebanyak 82 persen, yakni hanya terjual 21.851 unit" kata Sigit.

Karena itu, pihak AISI berencana merevisi target penjualan selama tahun ini menjadi turun sebanyak 40 - 45 persen dari target semula. 

"Misal, target penjualan normalnya kurang lebih 6 juta unit, turun menjadi 3,7-3,9 juta unit saja," terang Hari Budiyanto, selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) AISI.

Selain karena pandemi, Hari mengatakan, hal ini diperparah dengan kebijakan kelonggaran cicilan kendaraan bermotor sehingga prosedur membeli motor baru melalui leasing dikatakan bakal semakin ketat.

Meski begitu, harapan peningkatan dari Agustus - Desember 2020 masih ada, karena sektor yang dikecualikan masih diperbolehkan buka 50 persen, termasuk pabrikan roda dua.

"Artinya ini masih ada kompromi dan terus berjalan. Kita berharap tidak ada impact yang signifikan seperti PSBB pertama," pungkas Hari. (lila)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060