Wuih, 4 Mobil Honda Raih Poin di GP F1 Rusia dan Max Verstappen Gemilang Finish Kedua!

Senin, 28/09/2020 22:35 WIB

mobilinanews (Sochi, Rusia) - Empat mobil Honda berhasil meraih poin pada seri balap F1 Grand Prix Rusia, di mana Max Verstappen berhasil meraih finish kedua, Minggu (28/9/2020) kemari.

Untuk pertama kalinya pula, sejak Grand Prix Monaco 2019, ke-4 mobil Honda berhasil meraih poin.

Podium kedua yang diraih Max Verstappen sekaligus menandai podium ke-20 bagi Honda di era bermesin hybrid saat ini.

Meskipun Max melakukan start yang kurang baik dan sempat turun ke posisi 4 pada lap pertama, tetapi berhasil kembali ke posisi ketiga sebelum 
Safety Car keluar.

Alex Albon, rekan setim Max harus memulai balapan dari urutan ke-15 karena mendapat penalti gearbox sehingga harus bekerja lebih keras dan memilih ban keras setelah sebelumnya menggunakan ban lunak.

Kemudian, Pierre Gasly dari tim Scuderia AlphaTauri berhasil membuat kemajuan yang sangat baik. Begitu pula teammatenya, Daniil Kvyat yang mampu berlari jauh di putaran pertama.

Daniil sempat berada di urutan ketiga ketika masuk pit. Daniil kemudian berada di urutan ke-8 setelah pit stop.

Max berhasil naik ke posisi kedua di belakang Valtteri Bottas. Max terus mempertahankan posisi keduanya hingga garis finish dan mencatatkan podium pertama Red Bull di Grand Prix Rusia. 

Sementara itu Pierre Gasly memutuskan melakukan dua kali pitstop di mana AlphaTauri mencoba memanfaatkan periode Virtual Safety Car untuk beralih ke set ban medium yang baru dengan 11 putaran tersisa.

Dengan set ban baru tersebut, Pierre kemudian berhasil mendahului Alex Albon dan Lando Norris ke posisi ke-9 hingga finish tepat di belakang rekan satu timnya.

Red Bull berkomitmen melakukan dua kali pit stop lebih awal dan Alex melakukan pit stop kedua mengganti dengan ban medium pada lap 27.

Setelah itu, ia mampu mendahului beberapa mobil termasuk Lando Norris untuk mendapatkan posisi ke-10 pada balapan ini.

Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 mengatakan, hari ini adalah hari yang baik untuk Honda, dengan 4 mobil Honda mendapatkan poin untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Monaco tahun lalu.

"Hal ini sangat memuaskan terlebih karena sebelumnya kami mengalami beberapa kendala dalam beberapa balapan terakhir. Max juga memberikan performa bagus untuk membelah Mercedes dan finish di posisi kedua," ujar Toyoharu.

Toyoharu juga mengatakan Alex melakukan strateginya dengan sangat baik meskipun start di belakang.

Scuderia AlphaTauri juga memberikan performa yang sangat baik dengan Daniil dan Pierre berhasil menyalip dengan baik dalam perjalanan mereka masing-masing ke posisi ke-8 dan ke-9.

Selanjutnya, tim Honda akan kembali ke Eropa untuk melakukan Grand Prix Eifel di Jerman dalam dua minggu.

Ini akan menjadi pertama kalinya Honda bertanding di Nurburgring di era hybrid ini, sehingga akan melakukan banyak simulasi sebagai persiapannya.

Hingga saat ini, Aston Martin Red Bull Racing memperoleh 192 poin dan berada di urutan ke-2 klasemen konstruktor.

Sedangkan Scuderia AlphaTauri masih berada di posisi ke-7 dengan perolehan 59 poin. (bs)
 

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24