F1 2020: Schumacher Usul Red Bull Beli Saja Pabrik Honda

Sabtu, 03/10/2020 01:47 WIB

mobilinanews (Jerman) - Sepeninggal Honda di akhir musim 2021, sepertinya tak mudah buat tim Red Bull mencari pengganti pemasok mesinnya.

Ralf Schumacher, mantan driver F1 yang juga adik kandung Michael Schumacher punya opsi yang layak didengar. 

Sesaat setelah Honda umumkan mundur dari F1, Schumacer bicara lewat jaringan televisi Sky Sport Deutchland. Dari tiga manufaktur di F1 saat ini (Mercedes, Ferrari, Renault), katanya, tak satu pun bisa membantu Red Bull pada musim 2022 dengan alasan sendiri-sendiri.

Saat itu Schumacher sama sekali tak bahas isu terbaru kalau Red Bull konon sudah mendekat ke pihak Volkswagen.

"Satu-satunya opsi Red Bull adalah memproduksi mesin sendiri," tegasnya.

Caranya dengan membeli semua fasilitas dan staf pabrik Honda di Milton Keynes, Inggris, yang sewilayah dengan markas besar Red Bull Racing.

Seperti diketahui, tempat itu menjadi pusat R&D (riset dan pengembangan) Honda untuk aktivitas F1-nya. Schumacher yakin Honda tak akan keberatan membantu Red Bull dalam masa transisi nantinya. 

"Red Bull punya sumber daya untuk mengambil alih dan memenej itu semua. Dari sudut finance pun saya pikir tak ada problem," terang Schumacher.

Dari sisi lain Schumacher menilai keputusan Honda mundur pada musim 2021 justru positif buat red Bull dan terutama buat Max Verstappen.

Ia yakin Honda ingin mundur terhormat dari F1. Dengan demikian pabrikan Jepang itu akan jor-joran memberikan dukungan teknis buat Verstappen untuk berebut titel 2021.

"Saya sangat yakin itu dan ini jadi kesempatan tersendiri buat Verstappen," katanya.

Verstappen sendiri dalam masa kontrakRed Bull hingga akhir musim 2023. Tapi, ia punya klausul bisamundur di akhir musim 2021 jika besutannya tak mampu tarung di levelperebutan gelar.

Jadi, seperti kata Schumacher, musim 2021 adalah satu-satunya kesempatan segitiga antara Red Bull-Honda-Verstappen meraih gelar. (rnp)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas