MotoGP 2020 Prancis: Hujan atau Tidak, Joan Mir di Atas Suzuki Tetap Ancaman

Kamis, 08/10/2020 20:11 WIB

mobilinanews (Prancis) - Selain Fabio Quartararo selaku local hero, pembalap Suzuki Joan Mir layak jadi sorotan jelang GP Prancis di Sirkuit LeMans, akhir pekan ini.

Mir adalah pembalap penantang terkuat Quartararo saat ini di klasemen pembalap. Ia hanya tertinggal 8 angka dari rider tim Petronas Yamaha Srt itu.

Jika Mir bisa membawa GSX-RR tampil apik di sesi kualifikasi, jelas ia akan jadi salah satu rider yang wajib diperhitngkan jadi juara.

Pasalnya, karakter LeMans yang selama ini paling cocok dengan Yamaha, kini dengan sendirinya juga cocok dengan GSX-RR spek 2020. 

Besutan Mir dan rekan setimnya, Alex Rins, tebukti jadi rival utama Yamaha di beberapa trek sebelumnya.

Di LeMans yang lebih mengandalkan kelincahan dan stabilitas motor ketimbang power mesin, sangat mungkin terrjadi duuel sengitt M1 vs GSX-RR. Pada sektor itu GSX-RR 2020 terbukti berkembang pesat sepanjang musim ini.

Nilai plus Suzuki adalah adaptasinya dengan ban baru Michelin yang justru membaik di lap-lap terakhir. Sebaliknya dengan Yamaha yang acap keteteran setelah 15 putaran.

Faktta itu membuat rombongan Suzuki berrangkatt ke Prancis dengan optimistis. Target realistis adalah podium. Target yang sangat mungkin dikejar adalah kemenangan, untuk kali pertama buat Suzuki tahun ini.

Bos Suzuki Davide Brivio tak ingin membebani rider-nya dengan target berlebihan. Yang jelas, katanya, GSX-RR 2020 sejauh ini tampak kompetitif di semua karakter sirkuit. Termasuk pada trek yang di atas kertas sebelumnya dianggap sulit buat mereka.

"Saat ini pembalap kami sangat percaya diri dan merasa nyaman di atas motornya. Itu yang sangat positif. Tentu saja kami berharap LeMans tidak kekecualian," katanya.

Nada sama dicanangkan Mir. Dari sejak main di kelas bawah hingga MotoGP, ia sudah masukkan LeMans sebagai salah satu trek favoritnya dengan beberapa cerita sukses dan podium di sana.

Hal sama yang menjadi tujuan utama pekan ini. Termasuk jika balapan akan berlangsung di bawah siraman hujan sepertti prediksi cuaca.

Kalaupun hujan, kata Mir, maka itu bukan hanya masalah dirinya. Itu akan bermasalah buat semua pembalap.

"Jadi saya hanya perlu fokus menyiapkan set up motor sejak awal, lantas akan melihat apa yang akan bisa dilakukan. Yang jelas akan berjuang memperebutkan poin sebanyaknya," tegas anak Spanyol itu.

Masuk LeMans, Quartararo memimpin klasemen dengan total poin 108. Mir di urutan 2 dengan poin 100.

Selisih 8 angka itu, berkurang atau bertambah atau bahkan bisa berbalik usai raceday Minggu (11/10/2020) nanti? (rnp) 

TERKINI
Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki