MotoGP 2020: Suzuki 34 Bicara Peluang Suzuki 36

Selasa, 20/10/2020 23:18 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Nomor start 34 melegenda di kancah balap motor kelas primer lewat rider Texas, Kevin Schwantz. Akankah #36 milik Joan Mir menyusul?

Usai GP Aragon pekan lalu Mir mengambil alih posisi teratas klasemen MotoGP 2020. Posisi yang dinanti Suzuki selama 20 tahun. Kali terakhir pabrikan muda Jepang ini di takhta klasemen kompetisi terjadi pada musim 2000 saat Kenny Robert Jr meraih gelar dunia.

Sukses Mir yang cemerlang mengundang decak kagum Schwantz. Pembalap dari negeri koboi itu salah satu juara dunia milik Suzuki selain Robert, Barry Sheene (1976 dan 1977), Marco Lucchinelli (1981) dan Franco Uncini (1982). Dan, ia yakin Mir akan menjadi pembalap Suzuki berikutnya jadi juara dunia.

"Pada usianya yang 23 tahun, ia sudah sangat dewasa di atas motornya. Kedewasaan itu yang akan membawanya meraih gelar," ucap Schwantz yang sangat popular dengan nomor start 34 dan juga yakin nomor 36 milik Mir juga akan punya makna tersendiri.

"Saya sudah perhatikan bahwa 36 (Mir) telah menunjukkan banyak sikap kedewasaan sepanjang tahun ini. Hal yang jarang dimiliki pembalap muda seusianya."

Schwantz meraih gelarnya pada 1993 di atas Suzuki RGV500 sedangkan Mir membesut GSX-RR 1000. Tentu saja kedewasaan Mir yang ia sebut itu terbantu oleh performa Suzuki musim ini yang tampaknya cocok dengan karakter ban belakang lansiran Michelin 2020.

Lawan tangguh Mir merebut gelar, katanya, tak lain adalah pembalap muda lainnya dari kubu Yamaha, Fabio Quartararo. Dari segi teknis motor mereka seimbang. Yang membedakan adalah kedewasaa itu tadi. Yang membuat Mir bisa tenang menghadapi semua situasi saat balapan.

Minggu (25 Oktober 2020) nanti menjadi penantian apakah kombinasi teknis GSXRR dengan kematangan Mir bisa kembali membawanya ke atas podium, atau bahkan menjadi juara? 

"Saya merasa ia akan benar-benar melaksanakannya," tutup Schwantz yang masih aktif main motor dalam usianya yang sudah 54 tahun. (rnp)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik