MotoGP 2020 Aragon: 3 Pembalap Mengejar Rekor 9 Juara Musim 2016

Rabu, 21/10/2020 21:02 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Sudah 8 pembalap MotoGP yang naik jadi juara dalam 10 race musim 2020. Akankah race ke-11 di GP Teruel, Sirkuit Aragon, akan lahirkan juara kali ke-9? Siapa saja kandidatnya?

Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha), Brad Binder dan Miguel Oliveira (KTM), Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci (Ducati), Maverick Vinales (Yamaha) serta Alex Rins (Suzuki) sudah mendapuk gelar juara di musim 2020. 

Ronde lanjutan di Aragon pada Minggu (25-10-2020) jadi penantian menarik. Akankah datang pembalap ke-9, sekaligus menyamakan rekor fenomenal yang terjadi pada musim 2016?

Saat itu Marc Marquez dan Dani Pedrosa (Honda), Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (Yamaha), Dovizioso dan Andrea Iannone (Ducati), Vinales (masih bersama Suzuki), serta Jack Miller dan Cal Crutchlow (LCR Honda) bergantian jadi juara.

Kalaupun muncul yang ke-9 maka ada 3 kandidat kuat yang tengah menunggu giliran. Mereka adalah Joan Mir (Suzuki), Alex Marquez (Honda), dan Miller yang kali ini di atas Ducati.

Mir jelas jadi unggulan karena sukses Suzuki double podium di Aragon1. Bukan tak mungkin Rins akan membantu Mir menjadi juara, tak lain karena rekannya itu bertarung dalam perebutan gelar.  Kemungkinan team order ini sudah menjadi isu jelang Aragon2.

Mir sendiri mengaku fokus untuk meraih kemenangan, kali pertama dalam karir MotoGP-nya.

"Saya tak ambil pusing soal perebutan gelar. Prioritas adalah kemenangan perdana. Setelah itu baru berhitung soal gelar 2020," tegas rider muda Spanyol itu yang saat ini memimpin klasemen meski belum pernah juara.

Unggulan berikutnya adalah Alex Marquez, sang rookie yang menjadi runner up dalam dua race terakhir. Jika ia dan RC213V besutannya bisa tampil garang seperti Aragon1, sangat besar potensinya meraih P1.

Dengan sedikit tambahan tenaga di trek lurus, sebagaimana kekuatan Honda atas Suzuki sejauh ini, maka Alex jelas jadi ancaman.

Terlebih lagi ia sedang on fire dan sudah sangat percaya diri di atas RC213V yang oleh pembalap lain dianggap motor liar dan bengis.

Miller adalah calon lain meski secara teknis Desmosedici GP20 bukanlah favorit juara di Aragon. Ia sudah beberapa kali tarung di zona podium dan beberapa kali juga hanya nasib sial yang membuatnya gagal mencapai finish podium.

Akankah salah satu dari mereka bertiga yang muncul sebagai Pembalap Ke-9?

Jika bukan maka ada calon lainnya dari kubu LCR Honda, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami. Di atas kertas memang peluang mereka tipis. Tapi, di balik kertas, tak ada yang tahu dan tak ada yang tak mungkin di MotoGP musim ini. (rnp)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan