Muhamad Zaki, Navigator Rally dan Penggila RC Adventure!

Rabu, 21/10/2020 22:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Hobi bermain remote control (RC) tidak hanya digemari oleh anak-anak. Saat ini, hobi tersebut justru lebih didominasi yang sudah dewasa. Seperti halnya Muhamad Zaki atau yang akrab disapa Achi.

Pembalap sekaligus co-driver rally dan sprint rally ini, menceritakan kegemarannya bermain RC. Dari beberapa jenis RC, Achi memilih memainkan dua genre yakni Boogie Electric dan Adventure.

"Jadi kalau RC sebenarnya banyak jenisnya, ada Boogie offroad, ada touring hingga drifting. Tapi kalau saya mainnya Boogie Electric sama Adventure," ujar Achi kepada mobilinanews.

Pemilihan dua genre tersebut tidak lepas dari kegemarannya dengan dunia balap tanah. Sebagai navigator dan co-driver, membuat Achi lebih memilih dua genre tersebut.

"Sekarang lagi main itu (boogie electric dan adventure). Karena memang dasarnya dari dulu suka jeep, jadi keikut sampai main RC, mainnya itu juga, termasuk adventure," tambah Achi.

Meski di awal belum langsung memilih boogie electric dan adventure, dia lebih dulu memainkan RC drift. Tapi menurutnya, hal itu tidak berlangsung lama.

"Mulainya dari 2011-2012 dan sempet main drift tapi gak lama dan langsung pindah ke adventure," terang Achi.

Meski kelihatannya mudah dilakukan, namun saat melakoni secara langsung, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan.

Salag satunya adalah mengenal mobil dan medan yang dihadapi. Sama seperti ketika melakoni balap, karakter mobil dan medan juga harus dikenali lebih dulu, ditambah beberapa teknik bermainnya.

"Tantangannya, kalau di adventure buat ngelewatin handicap ada caranya. Bagaimana melewati medan yang dihadap, dan enggak asal maju atau ngegas aja. Beberapa hal yang diperhatikan adalah seperti timing buat ngegas, ambil jalanan yang lebih baik, sama settingan mobil harus benar. Setting ssuspensi dan pemilihan ban juga harus diperhatikan," beber Achi, co-driver Toto Michdar di Reli Medan beberapa waktu lalu.

Kegemarannya tersebut tidak hanya dijadikan sebagai pelampiasan hobi, tetapi Achi juga sering ikut ambil bagian dalam kejuaraan nasional RC yang diadakan di beberapa daerah di Indonesia. (hf)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik