F1 2020: 2 Driver Haas Out, 2 Pembalap Rookie Promosi

Kamis, 22/10/2020 17:31 WIB

mibilinanews (Italia) - Jelas sudah tim Haas menyiapkan perombakan total pembalapnya musim 2021. Dua pembalap regularnya secara bersamaan sudah pamit mundur.

Mendahului pengumuman resmi yang direncanakan Haas di GP Portugal, Romain Grosjean justru umumkan pengunduran dirinya pada Kamis (22/10/2020) pagi atau sore WIB baru saja.

Selang dua menit kemudian pembalap satunya, Kevin Magnussen, membuat pernyataan sama. Mundur dari Haas di akhir musim 2020.

"Ini bab terakhir dari sebuah buku," kata Grosjean, pembalap Prancis yang join Haas sejak tim itu terbentuk pada 2016.

"Masih ada 6 balapan musim ini. Saya bertekad menyelesaikannya dengan baik," ucap Magnussen, satu-satunya pembalap Denmark di F1 saat ini.

Menyambut pernyataan dini pembalapnya, tim Haas langsung membuat rilis yang menyebar ke berbagai media. Di situ Team Principal Gunther Steiner mengucap terima kasih kepada Grosjean dan Magnussen.

"Kami memiliki banyak kenangan indah bersama. Khususnya musim 2018 ketika kami finish ke-5 (kejuaraan konstruktor) hanya pada tahun ketiga di F1," sebut Steiner.

Kepergian Grosjean dan Magnussen menandakan perombakan total tim asal Amerika Serikat itu memasuki musim 2021.

Dua pembalap dari ajang F2 akan jadi rookie F1 pada tahun depan. Disebut-sebut Nikita Mezapin akan jalani debut F1-nya bersama Haas dan prosesnya tinggal menunggu super-licence yang dikeluarkan FIA.

Syarat jadi pemain F1 itu hanya akan keluar jika Mazepin menutup ajang F2 dalam posisi masuk 7 Besar di akhir musim nanti.

Pembalap satunya kemungkinan besar Mick Schumacher. Disebut kemungkinan karena putra Michael Schumacher itu masih dalam proses perebutan tim Alfa Romeo dan Haas, dua tim pembesut mesin Ferrari.

Tadinya ia diplot jadi driver Alfa Romeo, mendampingi Kimi Raikkonen. Sementara rekan Mick di Ferrari Driver Academy, Callum Ilott, dipasang buat Haas.

Namun, belakangan Ferrari ingin Mick berada di tim Haas sementara dua pembalap Alfa Romeo saat ini terus dalam kontrak. 

Ini menimbulkan tanda tanya akan kemana Ilott, dan kemana juga pembalap bjnaan Ferrari lainnya, Robert Schartzman? (rnp)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo