Sirkuit Tanjung Lesung dan Meikarta Harus Punya Karakter Masing-Masing

Jum'at, 13/11/2020 20:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Dengan adanya dua sirkuit baru yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sprint Rally di Indonesia, Erwin Mancha sebagai pereli senior memiliki masukan untuk penyelenggara.

Masukan yang diungkapkan pereli yang akrab disapa Abah ini, agar masing-masing sirkuit bisa memiliki karakter yang menjadikannya spesial.

Pada gelaran Sprint Rally di Sirkuit Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, penyelenggara Ferdi Ojo dari Pangarang Racing Team menyuguhkan dua medan yang berbeda yakni tarmac dan gravel.

Namun porsi gravel memang tidak begitu banyak, hanya memanfaatkan area kosong yang berada di sebelah jalan tol Cikampek.

"Dengan adanya dua sirkuit baru ini, memang sangat bagus untuk perkembangan dunia sprint rally. Tapi kalau menurut saya harusnya keduanya bisa mengkhususkan diri. Kalau Sirkuit Meikarta mungkin seharusnya dipakai tarmac semua. Jadi enggak usah memaksakan adanya area gravel, karena gravel juga enggak full banget jadinya kan nanggung," terang Abah.

Sementara Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, menurut pereli gaek ini sudah pas dengan karakter gravelnya. Meskipun ada sedikit beton, namun itu hanya area untuk melintas ke area yang lain.

"Kalau misalkan Tanjung Lesung, Banten, memang sudah bagus karena lebih ke gravel. Siruit Badak cukup bagus, cukup menantang dengan variasi tikungan dan ada yang tikungan high speed. Kalau di Meikarta, lebih ke aspal aja. Misalkan pengganti dari Sirkuit PMPP Sentul, Bogor, kan itu spesialis aspal. Jadi bagusnya di sana," tambahnya.

Dengan adanya dua karakter lintasan gravel dan aspal, memang akan membingungkan pereli dalam melakukan aksinya.

Lebih dari itu, ketika ada hujan seperti yang terjadi di Meikarta beberapa waktu lalu, akhirnya special stage gravel pun ditiadakan karena kondisinya tidak memungkinkan.

"Jadi eventnya Jabar itu di Meikarta sudah bagus. Maksudnya sudah mengkhususkan ke aspal aja, dan ke depannya gak usah pakai gravel," pungkas Abah. (hf)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan