MotoGP 2020 Valencia: Mir Juara Dunia, Final Suzuki vs Ducati di Konstruktor

Minggu, 15/11/2020 21:45 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Dengan mudah Joan Mir bukukan gelar juara dunia 2020 di GP Valencia, Spanyol, Minggu (15/11/2020). Tapi, tugasnya sebagai rider Suzuki belum tuntas. 

Finish P7 sudah cukup buat Mir mengantongi angka total  171 di klasemen. Franco Morbidelli yang menjuarai GP Valencia kini duduk di posisi runner up dengan nilai 142. Tak mungkin bisa kejar Mir dalam partai terakhir musim 2020 di Portugal pekan depan.

Mir yang baru dua musim di MotoGP sempat menangis di dalam lintasan. Tapi, saat wawancara di paddock, ia tampak tenang dan menyebut ini adalah impian setiap pembalap. Sama seperti dirinya.

Dan, gelar MotoGP ini menurutnya sama berharganya dengan gelar perdana, juara dunia Moto3, yang ia raih musim 2017.

"Tadi saya menangis. Sekarang saya tak bisa menangis atau tertawa. Ini kerja keras semua kru Suzuki, ini buat kami semua," katanya.

Malam ini Suzuki boleh rayakan sukses dengan pesta yang tentunya sesuai protokol kesehatan. Tapi, mulai besok pagi, tantangan lain sudah menanti tim.

Saatnya kini enerji tim Biru Muda dicurahkan kepada Alex Rins, rekan setim Mir. Ia saat ini berada di 3 Besar klasemen dengan selisih poin hanya 4 angka dari Morbidelli.

So, Alex harus kalahkan Morbidelli di Portugal dengan selisih 5 angka agar rider Suzuki 1-2 di klasemen akhir 2020. Prestisius!

Dan, yang tak kalah penting dan pamornya pun prestisius adalah kejuaraan dunia konstruktor yang justru sangat rawan.

Saat ini dengan hanya sisa 1 race  terakhir, Suzuki dan Ducati sama kuat di klasemen dengan masing-masing punya 201 poin. Yamaha yang berada di urutan 3 pun masih bisa menyambar trofi dengan total poin 188.

Ya, duet Mir dan Rins masih ditantang untuk lebih melambungkan lagi pamor Suzuki untuk meraih treble winner musim 2020. Memborong tiga gelar yang diperebutkan.

Dalam kejuaraan tim, Suzuki juga sudah memastikan gelar di Valencia hari ini dengan sukses Rins dan Alex menambah 22 poin. Keduanya kini mengoleksi poin total 309.

Angka yang tak mungkin dikejar tim Petronas Yamaha di Portugal pekan depan (230 dengan potensi total poin akhir hanya 275).

201 vs 201. Angka rivalitas Suzuki dengan Ducati di katagori konstruktor. Itu penantian terakhir serial MotoGP 2020.

Mampukah Ducati membelah dominasi Suzuki? (rnp)

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!