MotoGP 2020 Portugal: Target Sapu Bersih Gelar, Suzuki (2) Melawan Ducati (6)

Kamis, 19/11/2020 17:27 WIB

mobilinanews (Portugal) - Suzuki tengah di ambang puncak kejayaan di MotoGP. Setelah mengunci gelar dunia pembalap dan kejuaraan tim, kini pasukan Davide Brivio tengah membidik gelar ketiga yang tak kalah prestisius: kejuaraan dunia konstruktor. Treble winner di Portugal!

Kesempatan Suzuki meraih trofi ketiga ada di GP Portugal pekan ini. Tentu tak mudah karena poin mereka di kejuaraan dunia konstruktor sama besar dengan Ducati, sama-sama 201. Yamaha di urutan 3 pun secara teori masih bisa jadi ganjalan karena hanya selisih 13 poin.

Hebatnya, seperti seri sebelumnya, semua poin Suzuki hanya dipasok oleh dua joki rehular Alex Rins dan Joan Mir kaena im ini tak punya skuad satelit. Beda dengan Ducai yang menggelinding dengan 6 unit Desmosedici atau Yamaha dengan 4 joki M1. Semuanya berpotensi sebagai pengeruk poin tertinggi di Portugal.

Manajer Tim Suzuki Davide Brivio menyebut hasrat timnya memang besar untuk menyapu bersih semua gelar tahun ini. Jika tercapai maka itu adalah reputasi luar biasa yang sama sekali tak terduga oleh siapa pun.

"Seluruh tim masih merayakan sukses yang pekan lalu diraih Joan (juara dunia pembalap). Itu mimpi terbesar kami yang terwujud. Kini ke seri terakhir kami punya tantangan lain yang tak kalah fantastis, meraih tiga gelar dalam semusim," kata Brivio.

Dari segi kesiapan mental maupun kesiapan teknis motor, Brivio yakin timnya tak punya keluhan khusus ke Portimao. Tapi, jelas bukan hal mudah memprediksi masing-masaing kekuatan tim karena Portimao adalah trek baru yang digunakan MotoGP dengan pasokan data yang minim. Baru pada sesi latihan Jumat semua tim dan pembalap bisa mendapatkan data teknis dan mengolahnya.

"Ini hal baru buat semua pembalap dan itu tantangan tersendiri. Yang bisa saya janjikan adalah tim akan kerrja kerras dan berrikan yang terrbaik sejak Jumat dan seterusnya hingga raceday," imbuh Brivio.

Satu lagi yang layak diburu Suzuki di seri terakhir 2020 adalah menjadikan Rins sebagai runner up kejuaraan dunia 2020, menjadikan joki Suzuki 1-2 di klasemen akhir. Saat ini ia hanya terpaut 4 angka dari Franco Morbidelli (Petronas Yamaha). (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Kualitas dan Penjualan Ngejreng, GAC Aion Jadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan