Setelah Meikarta dan Tanjung Lesung, Balikpapan Juga Siap Bangun Sirkuit Sprint Rally!

Senin, 23/11/2020 20:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Geliat industri motorsport, khususnya reli dan sprint rally, kini semakin ramai dengan hadirnya sirkuit-sirkuit baru. Setelah ada Meikarta dan Tanjung Lesung, kini Balikpapan, juga dikabarkan siap membangun sirkuit baru untuk sprint rally.

Kehadiran sirkuit di Balikpapan ini juga bisa dikatakan sebagai pengganti bahwa Sirkuit Paramount, BSD, Tangerang, yang sudah tidak bisa digunakan lagi dengan alasan kenyamanan.

Dalam bincangnya kepada mobilinanews, Ryan Nirwan, pereli yang juga berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur, menjelaskan rencana ini paling tidak bisa direalisasikan pada tahun depan.

"Tahun depan, Insya Allah Balikpapan punya sirkuit baru.;Jadi sirkuit baru ini, kerjasama antara komunitas rally di Balikpaoan dengan pengelola lahan, yakni Sinarmas," buka Ryan, kepada mobilinanews melalui sambungan telepon.

Sebelum ada rencana pembangunan sirkuit ini, area tersebut juga pernah menggelar balap offroad adventure. Menurut Ryan, lokasi yang dipakai juga tidak jauh dari rencana mereka untuk membangun sirkuit sprint rally ini.

"Mereka (Sinarmas) juga sebelumnya pernah bikin offroad adventure, dengan lahan yang deketan. Jadi lahannya luas, kalau tidak salah ada 20 ha yang masih kosong," tambah Ryan.

Sejauh ini, komunitas sprint rally sudah melakukan komunikasi dengan pengelola lahan dan menurut Ryan, pihak Sinarmas secara langsung mendukung adanya kegiatan tersebut di tengah lahan kosong mereka.

"Kita dari komunitas sudah bicara sama mereka, dan mereka sangat mendukung sekali untuk kita bikin sirkuit di sana. Dan kita jelaskan, dari Meikarta dan Paramount BSD sudah melakukan hal yang sama sehingga mereka tertarik," imbuh pereli yang bernaung di bawah BRM Motorsport.

Dalam perencanaannya, Ryan Nirwan bersama komunitas sudah merancang bahwa mereka akan membuat dua track sehingga mobil reli bisa dilepas secara bersamaan seperti yang dilakukan di Paramount BSD dan Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten. (hf)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060