Helmy Sungkar Adalah Role Model Para Pelaku Balap Masa Kini

Selasa, 24/11/2020 20:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ternyata almarhum Helmy Sungkar sudah menjadi idola sejak dulu kala. Sejak dari pereli dan speed offroader Bimo Pradikto, drifter Akbar Rais dan pembalap mobil Zharfan Rahmadi masih berusia belia.

Mari dengar komentar ketiganya ketika melayat almarhum Helmy Sungkar di kediaman Jalan Kesehatan II/8 Bintaro, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2020) siang. 

"Saya sudah kagum dengan om Helmy sejak beliau menggelar Sprint Rally di Cisauk, BSD. Waktu itu, saya masih berumur 4 tahun, dan diajak bokap. Sebuah hutan bisa disulap menjadi ajang event, dan ramai yang datang," ungkap Bimo Pradikto, direktur Banteng Motorsport yang belakangan menggelar event sprint rally dan speed offroad.

Itu kemudian menjadi inspirasi Bimo yang juga menjabat sebagai Ketua Harian IMI Provinsi DKI Jakarta, ketika menggelar event serupa.

"Masih berproses sih, tapi arahnya ke sana. Bagaimana membuat event ramai peserta, penonton dan sponsor seperti yang dilakukan om Helmy dengan Trendypromo Mandira," terang Bimo.

Akbar Rais menyebut Helmy Sungkar adalah role model dan pioner industri motorsport Indonesia. "Om Helmy dan Trendypromo Mandira-nya adalah pioner industri di balapan. Dan, generasi sekarang yang merasakan dan saya akan mengikuti jejak beiiau," ujar Akbar Rais.

Maka itu, Akbar Rais yang sangat dekat dengan Rifat Sungkar - putra pertama Helmy Sungkar - mengaku belajar manajemen dan industri motorsport. Karena Rifat telah banyak menyerap ilmu dari sang ayah.

"Event balap yang digelar om Helmy selalu sukses, terutama berhasil mendatangkan penonton dalam jumlah besar dan membuat penonton yang datang happy dengan adanya doorprize di akhr acara," lanjut Akbar.

Tak jarang, lanjut Akbar, om Helmy sampai menjual salah satu mobilnya untuk sukses sebuah event. Karena terkadang eventnya juga sepi sponsor.

"Om Helmy punya prinsip, tekor asal kesohor. Tapi itu positif, karena merupakan investasi guna menggelar event selanjutnya," tutur Akbar Rais.

"Saya akan coba mengaplikasi ilmu om Helmy untuk 6 seri event drift yang akan kami gelar di Juragan99XAR Drift School Gading Serpong tahun depan. Insyallah arahnya ke sana," terang Akbar. Juragan99XAR Drift School adalah sekolah drift yang baru diresmikan milik Akbar joint dengan koleganya asal Jawa Timur.      

Sedangkan Zharfan Rahmadi, mengenang Helmy Sungkar sebagai seorang legenda.

"Pak Helmy Sungkar adalah legenda motorsport Indonesia. Figur langka, yang seluruh hidupnya untuk motorsport, baik sebagai pereli maupun promotor balap," sambar Zharfan. 

Selamat beristirahat dengan dengan tenang ya, Pak Helmy. (bs)

 

TERKINI
MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka