Ini Daftar Gaji Pembalap Terbesar dan Terendah F1 2020

Rabu, 25/11/2020 21:50 WIB

mobilinanews (Inggris) - Jelang akhir musim serial F1 2020, kembali Business Book GP merilis daftar gaji pembalap F1. Dari sekian banyak versi, biasanya versi terakhir ini yang jadi rujukan karena dibuat berdasarkan data sepanjang musim.

Sama sekali tak mengagetkan kalau Lewis Hamilton (Mercedes) berada di posisi termahal.

Beda dari versi terdahulu yang sebut Hamilton dibayar 40 juta dan juga ada yang menulis 45 juta Euro per musim, temuan Business Book GP malah menemukan fakta kalau ia dibayar 47 juta Euro saban tahunnya atau sekitar Rp 780 miliar.

Itu tak termasuk bonus, sponsor dan performance fee. Jika digabung semuanya bisa di atas satu triliun perak, membuat wajar kalau Hamilton jadi salah satu dari 5000 orang pembayar pajak tertinggi di Inggris.

Yang mengejutkan adalah Nicolas Latifi, putra konglomerat Kanada yang berlomba dalam tim Williams.

Selama ini, ia diduga pembalap dengan status paydriver (membayar), tapi dalam catatan Business Book GP disebut dapat gaji 750.000 euro per tahun.

Demikian juga Lance Stroll (Racing Point) yang gabung dalam tim milik bapaknya sendiri, Lawrence Stroll yang juga salah satu orang terkaya Kanada. Pemilik pabrikan Aston martin itu ternyata menggaji anaknya sebesar 1,5 juta euro per tahun.

Lantas, siapa pembalap F1 yang punya gaji terendah?

Ia adalah Antonio Giovinazzi (Italia/Alfa Romeo) dengan gaji `hanya` 500.000 euro. Rekan setimnya di Alfa Romeo, Kimi Raikkonen, dibayar 6 juta euro per musim. Biarpun paling rendah, gaji Giovinazzi sebesar Rp 8,4 miliar itu tentu layak ia syukuri.

Dan, gaji Hamilton tentunya akan naik musim depan yang digosipkan tengah negoisasi dengan Mercedes untuk angka 50 juta euro per musim.

Entah bercanda atau serius, Team Principal Mercedes Toto Wolff sudah menyinggung hal itu saat Hamilton mengunci gelar 2020 di Turki pekan lalu, sekaligus menyamakan rekor 7 gelar milik Michael Schumacher.

"Gelar ini hanya akan membuat harga Lewis semakin tinggi," kata Wolff. (rnp)

GAJI PEMBALAP F1 2020

Lewis Hamilton (Mercedes): €47 juta
Sebastian Vettel (Ferrari): €35 juta
Daniel Ricciardo (Renault): €20 juta
Max Verstappen (Red Bull Racing): €16 juta
Valtteri Bottas (Mercedes): €9 juta
Charles Leclerc (Ferrari): €9 juta
Kimi Raikkonen (Alfa Romeo): €6 juta
Carlos Sainz (McLaren): €4,5 juta
Sergio Perez (Racing Point): €4 juta
Esteban Ocon (Renault): €4 juta
Romain Grosjean (Haas): €2 juta
Kevin Magnussen (Haas): €2 juta
Alex Albon (Red Bull Racing): €2 juta
Lando Norris (McLaren): €1,5 juta
Lance Stroll (Racing Point): €1,5 juta
Pierre Gasly (AlphaTauri): €1 juta
Daniil Kvyat (AlphaTauri): €750.000
George Russell (Williams): €750.000
Nicholas Latifi (Williams): €750.000
Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo): €500.000

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas