Serial MotoGP 2021 Berpotensi Kusut di Awal, GP AS dan Argentina Terancam Bubar

Rabu, 25/11/2020 22:54 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Kalender sementara MotoGP 2021 sudah dirilis. Tapi, sangat besar potensi perubahan atau pembatalan event yang sudah terjadwal. Terutama aktivitas di awal tahun. 

Kegiatan pertama yang terancam batal adalah winter test di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Februari 2021. Ada potensi Malaysia tak mengizinkan kegiatan tersebut akibat pandemi Coronavirus yang masih berlangsung.

Ada kemungkinan pengumuman resmi soal itu dibuat dalam beberapa hari ke depan. Dengan begitu, maka ada kemungkinan 2 hajatan testing akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, jelang seri pembuka di trek sama pada 28 Maret 2021.

Kemudian GP AS di Austin, Texas, juga terancam batal akibat komitmen AS yang kini semakin ketat dalam upaya penanggulangan dampak Covid-19.

Jika itu terjadi maka GP Argentina yang dijadwal seminggu sebelum AS juga terancam batal. Bukan karena Covid-19 tapi soal logistik. Dorna selaku promotor tentu ogah mengirim 4 pesawat jumbo 747 mereka hanya untuk satu seri lomba.

Artinya, nasib GP Argentina yang jalur kargonya searah dengan AS sangat bergantung jadi tidaknya hajatan di Austin.

Jika kedua event itu batal, Dorna sudah siapkan Sirkuit Portimao, Portugal, untuk kembali gelar MotoGP pada April. Trek ini menjadi seri pamungkas musim 2020 dan umumnya disukai para pembalap.

Masalah berikutnya di GP Ceko, Sirkuit Brno di paroh musim. Trek itu harus diaspal ulang untuk mempertahankan homologasinya dalam status Grade A sesuai syarat MotoGP. Untuk itu butuh dana 10 juta euro atau sekitar Rp 168 miliar.

Masalahnya, kini belum putus siapa yang harus membiayainya : pemilik sirkuit, promotor, atau pemerintah setempat? Dan, itu juga soal yang njlimet di tengah pandemi panjang saat ini.

Dorna sudah mengantisipasi jika Brno gagal menggelar balapan, Sirkuit Igora Drive di Rusia siap jadi pengganti.

Akan dibuat berdampingan dengan trek baru MotoGP KimyRing di Finlandia, 11 Juli 2021, karena jarak kedua sirkuit hanya sekitar 240 km.

Lalu, bagaimana dengan nasib MotoGP Mandalika Indonesia? (rnp)

 

 

   

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!