F1 Bahrain 2020: Barang Baru Verstappen di RB16, Bidik Podium Perdana di Sakhir

Jum'at, 27/11/2020 09:05 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Masih ada yang penting diburu Max Verstappen pada dua race beruntun Bahrain pekan ini dan pekan depan: posisi runner up di klasemen akhir kompetisi 2020.

Merasa akan sulit jadi juara maka target realistisnya adalah finish podium, untuk kali pertama di Sirkuit Sakhir.

Ke GP Turki dua pekan lalu, RB16 besutan driver utama tim Red Bull itu dibekali sejumlah part baru. Khususnya aero kit di sayap depan untuk memantapkan laju dan stabiltas si RB16.

Sayangnya, kinerja part baru itu tak maksimal karena hujan lebat yang terjadi saat raceday. Ditambah lagi persoalan teknis karena ternyata set up untuk sayap depan itu tak seperti seharusnya, agak tak seimbang di kedua sisi.

"Itu tak berhasil di Turki. Tapi, dari sekian item ada beberapa hal positif yang kami sukai. Itu dibawa ke sini (Bahrain) untuk diuji lebih lanjut. Tentu dengan penyesuain data sirkuit ini beberapa tahun terakhir," ucap Verstappen saat bicara dengan media sesampainya di Sirkuit Sakhir.

Ia yakin aura positif yang bisa dipetik di Turki bisa lanjut ke Sakhir. Target yang dipatok pun tahu diri. Tidak terlaluu yakin menjadi juara, maka yang realistis adalah meraih finish podium.

Dalam sejarahnya, Red Bull memang acap kesulitan di trek gurun pasir. Verstappen sendiri dalam 6 laga di Sakhir tak pernah meraih podium. Hasil terbaiknya hanyalah P4 di musim 2019.

"Sangat jelas tentang apa yang saya inginkan pada balapan ini. Selalu ada peluang, tapi faktanya kami selalu sulit meraih hal itu di sini," ungkap Max.

Part baru di Turki yang dilanjutkan ke Bahrain menjadi satu hal menarik pekan ini. Pasalnya, tradisi penyelenggaraan GP Bahrain di bulan April kini bergeser ke akhir November gara-gara pandemi Covid-19.

Konsekuensinya ada potensi hujan turun pada akhir pekan ini, khususnya pada sesi kualifikasi Sabtu (28-11-2020) dan sebagian lainnya di saat raceday.

Selain hujan, prediski juga menyebut angin kencang akan terjadi dan seperti biasanya akan menerbangkan pasir gurun ke tengah lintasan dan mempersulit laju pembalap. 

Verstappen masuk Sakhir dengan status bersaing melawan valeri Bottas (Mercedes) berbut gelarr runner upkompetisi 2020.

"Driver londo" itu tertinggal 27 poin dari Bottas dengan tiga seri sisa balapan. Artinya, ia harus gaspol dalam tiga balapan serial gurun pasir, hanya untuk menggusur Bottas.

Ya, hanya itu yang masih perlu diburu karena Red Bull sudah pastikan gelar runner up konstruktor. Jika hanya untuk pertahankan posisi 3 di kalasemen pembalap, Verstappen tak butuh kerja keras.

Ia hanya butuh sekali  saja finish di Grup 7 Besar maka tak akan ada pembalap lain yang bisa merebut posisinya.

Komposisi poin Bottas, Verstappen dan Segio Perez di urutan 2, 3, dan 4 klasemen saat ini masing-masing adalah 197, 170, dan 100. Jadi, paslah fokus Verstappen hanya untuk Bottas. (rnp)

 

 

 

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!