Pemerintah Diharapkan Gandeng Operator Transportasi Darat Untuk Kendaraan Listrik

Jum'at, 27/11/2020 17:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pemerintah Indonesia masih mematangkan mengenai kehadiran kendaraan listrik. Salah satunya adalah dengan memiliki roadmap untuk menuju kapan kesiapan tersebut bisa dicapai.

Dalam roadmap tersebut, sudah ada beberapa langkah yang ditempuh. Salah satunya adalah dengan memberikan regulasi mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang harus disiapkan oleh setiap produsen otomotif.

Kemudian kapan? Permenperin No 27  tahun 2020, kita punya road map misalnya mulai memproduksi baterai kapan?

"Sebanarnya, dalam jangka pendek sekarang pasarnya sudah ada. Tapi sampai saat ini produksi murni akhirnya diproduksi di Indonesia, sekarang kan targetnya sampai 2023,  40 pesen kandungan lokal (TKDN) dan harus ada di Indonesia," jelas Riyanto, Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, dalam webinar yang dilakukan di Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Untuk memuluskan langkah tersebut, pemerintah selain menyiapkan regulasi yang tepat juga diharapkan bisa menggandeng operator transportasi darat.

Hal ini ditujukan untuk menggalakkan program tersebut guna sejalan dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah.

"Tapi dari itu semua ada juga beberapa hal yang perlu didorong. Pemerintah juga harus ikit menggandeng operator transportasi seperti Gojek, Grab, Taksi Bluebird, serta taksi yang lain dalam penggunaan kendaraan listrik. Kalau bisa armadanya juga dikonvesrsi dengan segera," tambah Riyanto. (hf)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali