F1 2020 Bahrain: Vettel dan Hamilton Kecam Ban Baru, Pirelli Nyerang Balik

Sabtu, 28/11/2020 11:09 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Pirelli menguji prototype ban baru spesifikasi 2021 di GP Bahrain. Komponnya tak berubah dari spek 2020, hanya beda konstruksi agar lebih kuat. Atas nama pembalap, Lewis Hamilton (Mercedes) dan Sebastian Vettel (Ferrari) menolak mentah-mentah spek itu.

Semua pembalap wajib menguji ban itu dalam dua sesi latihan resmi Jmat (27/11). Masing-masing dalam durasi minimal 6 laps. Dan, dalam wakttu terbilang singkat itu, Hamilton langsung memberi penilaian atau lebih tepatnya kecaman.

"Mereka sudah punya waktu dua tahun untuk mengembangkan ban. Jika hasilnya malah mundur, dan iu yang merreka anggap terbaik, saya bingung mau ngomong apa," kata Hamiltton.

Ia sebut ban baru itu lebih berat 3 kg dari spek saat ini, tapi lebih lambat 1 detik dan sama-sama tak impresif saat uji coba sebelumnya di Portimao.

Vettel sependapat dengan rivalnya itu bahwa ban `masa depan` itu jauh lebih buruk dari spesifikai yang digunakan tahun ini. Ia anggap tak ada pengembangan positif sma sekali.

"Saya harap kita tak lagi melihat ban ini. Jika hanya itu opsi untuk 2021, sungguh saya lebih suka kembali ke ban 2019," katanya.

Mario Isola,Direktur Motorsport Pirelli yang baru sembuh dari Covid-19 langsung panas mendengar komentar nyinyir itu. Tak kalah nynyir ia anggap waja saja kalau pembalap yang sudah merraa nyaman dengan jenis ban tertentu akan menolak pindah ke spesifikasi yang menguurangi kenyamanannya.

"Saya memahami itu karena mereka sudah tterbiasa dengan ban saat ini , mampu menyesuaikan diri dan mengoptimalkan kinerjanya. Kepercayaan diri sudah terbentuk sehingga akan selalu ada kritik jika ada perubahan," kata Isola.

Ia menambahkan kalau tujuan tes di Bahrain semata untuk pengumpulan data yang dibutuhkan untuk evaluasi dan pengembangan performa. Bukan pada elemen lain semacam komparasi dengan ban 2019 atau 2020. Karena itu menurutnya tak ada alasan untuk meneruskan proyek ini dan bertahan dengan ban 2020.

"Kami sudah membahas semuanya bersama tim dan FIA. Alasan perubahan dan tujuannya. Dan, kami sudah dapatkan homologasi FIA," tegas Isola. 

Nah! (rnp)

 

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman