F1 2020 Bahrain: Double Podium Red Bull, Albon Aman Sementara Bottas Terancam Verstappen

Senin, 30/11/2020 02:02 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Di tengah laga dramatis GP Bahrain, Minggu (29-11-2020) malam, Lewis Hamilton meraih kemenangan kelima berturut-turrut untuk kali kedua terjadi setelah yang perdana pada musim 2014.

Hamilton ke podium bersama dua pembalap Red Bull, double podium mereka pertama tahun ini.

Tak mengejutkan melihat Hamilton dan Max Verstappen ke podium. Tapi, ada Alex Albon di sana menjadi cerita tersendiri karena situasi. Ini kali kedua pembalap berdarah Thailand itu finish podium.

Ia akui podium itu diraih karena faktor keberuntungan lantaran Sergio Perez (Racing Point) out jelang lomba berakhir dalam posisi ketiga. 

"Betul ini diraih karena nasib buruk Sergio, ia main bagus. Tapi, melihat perjalanan sejak sesi Jumat, ini jelas langkah maju buat saya. Saya happy," kata Albon yang kecelakaan parah pada FP2.

Di sesi kualifikasi, ia raih posisi start ke-4. Itu posisi terbaiknya sejauh ini yang kemudian ditutup dengan podium saat raceday. Ini yang akan ikut menentukan nasib Albon apakah tahun depan masih bertahan di Red Bull atau tidak.

Soalnya ia tengah dalam masa ujian di tiga race akhir musim 2020 dan hanya prestasi yang bisa menolongnya bertahan. ujian berikut menanti di GP Sakhir pekan depan di trek yang sama.

Melihat antusiasme tinggi petinggi Red Bull Helmut Marko dan Christian Horner menyambut podium Albon maka untuk sementara bisa dipastikan situasinya aman dalam tim. Entah minggu depan.

Buat Verstappen, podium ini juga sangat penting. Dengan tambahan 19 poin (1 angka bonus dari fastest lap), ia sukses memangkas 15 selisih poin dari Valtteri Bottas yang finish ke-8.

Dari tadinya 27 kini menjadi 12 saja, membuat peluang Verstappen menggusur Bottas dari urrutan 2 klasemen pembalap semakin terbuka dalam 2 race sisa.

Itu rivalitas seru yang masih bisa diharapkan terjadi. Sama halnya dengan persaingan berebut posisi 4 Besar yang kini sangat terbuka antara Daniel Ricciardo (Renault), Perez, dan Charles Leclerc (Ferrari) dengan masing-masing poin saat ini 102, 100, dan 98. 

Pergeseran juga terjadi di kejuaraan dunia konstruktor. DNF yang dialami Perez tak hanya menurunkan posisinya di klasemen pembalap, tapi juga membuat McLaren menyodok posisi Racing Point di konstruktor.

McLaren kini menghuni peringkat 3 Besar di bawah Mercedes dan Red Bull dengan nilai 171, unggul 17 poin atas Racing Point (154). Renault pun dtang mengancam dengan perolehan poin saat ini, 144.

Racing Point memang apes betuldi Bahrain. Saat restart (usai kecelakaan Romain Grosjean) giliran Lance Stroll yang terkena musibah.

Mobil driver muda Racing Point itu terbalik dalam posisi roda di atas, usai senggolan selepas start. Membuat balapan terhenti untuk kali kedua.

Maka, masih ada persaingan keras yang masih layak ditonton pekan depan di sirkuit yang sama. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!