WRC 2020 Monza: Sebastien Ogier "Setengah Hati" Bidik Gelar Ke-7

Selasa, 01/12/2020 20:40 WIB

mobilinanews (Italia) - Dari dalam kokpit Toyota Yaris, Sebastien Ogier punya kesempatan meraih gelar juara dunia WRC kali ke-7 pada akhir pekan ini. Sekaligus sukses di tiga pabrikan berbeda: VW, Ford dan Toyota.

Peluang Ogier memang tak terlalu besar. Ia kalah 14 poin dari pemimpin klasemen Elfyn Evans yang rekan satu tim di Toyota. Tapi, di seri terakhir 2020 ini apa pun bisa terjadi.

Terlebih karena pengalaman Evans yang berbanding jauh dengan Ogier selaku pemegang 6 gelar dunia (2013-2016 bersama Volskwagen Polo plus M-Sport Ford pada 2017 dan 2018).

Tapi, bukan karena itu Ogier merasa nilai gelar 2020 tak seistimewa sebelumnya. Tak lain karena kompetisi tahun ini yang tidak seberat dan seketat sebelumnya.

"Kalau pun nanti usai Monza saya yang juara, maka nilainya tak sama dengan 6 gelar lainnya," kata Ogier.

Alasannya, musim 2020 hanya berlangsung 7 putaran karena pandemi Covid-19. Itu musim terpendek sepanjang sejarah World Rally Championship.

Faktor lain karena musim ini tidak menyertakan seri-seri top di kalender WRC, yang menurut Ogier punya kharisma dan tingkat kesulitan sendiri macam Safary Rally (harusnya tampil lagi pada 2020), Reli Finlandia, Inggris dan Selandia Baru.

Lantas, apakah juara 2020 ini layak disebut juara dunia?

"Ini pertanyaan sulit. Tapi, pada dasarnya semua peserta punya tantangan yang sama dalam kejuaraan mini ini. Secara resmi yang terbaik dinobatkan sebagai world champion. Tapi, buat saya kalaupun nanti juara maka nilainya di bawah 6 gelar terdahulu," tegas Ogier yang tak jadi pensiun dan sudah perpanjang kontrak dengan Toyota untuk 2021. (rnp)

 

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas