Favorit Raih Pole Position di F1 Sakhir, George Russell :"Saya Tinggal Ngegas!"

Sabtu, 05/12/2020 16:50 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Dari bukan siapa-siapa, George Russell kini jadi pusat perhatian di grid Formula 1. Dua tahun di F1 ia tak pernah finish di 10 Besar.

Bukan hanya karena menggantikan Lewis Hamilton, popularitas Russell melambung tinggi karena tampil tercepat di dua sesi awal GP Sakhir, FP1 dan 2. 

Itu membuatnya jadi favorit meraih pole position pada Sabtu malam ini. Max Verstappen (Red Bull) sama sekali tak ragu kalau Russell bisa raih pole bahkan juga potensi juara pada raceday Minggi nanti.

"Itu sangat jelas. Tadinya tanpa Hamilton maka Valtteri (Bottas) adalah pembalap yang wajib dikalahkan. Kini ada George. Saya pikir Valtteri pasti terganggu karena bisa dikalahkan George pada kesempatan pertama," kata Verstappen.

Diperhitungkan calon pole sitter, Russell tak ingin bicara terlalu jauh. Ia sendiri tak punya target apa-apa selain memtik ilmu dalam kesempatan ini.

"Tercepat dalam latihan tak berarti juga akan tercepat di kualifikasi," kata driver Inggris berumur 22 tahun itu.

Karena itu apa yang ia lakukan jelang kualifikasi maupun race besok yak akan berubah dengan cara yang ia lakukan jelang latihan awal.

"Berpikir rileks, tinggal ngegas mobil dan berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik," imbuh Russell yang hanya punya waktu dua hari mempersiapkan diri karena mendadak dipilih Mercedes gantikan Hamilton yang tengaj diisolasi karena Covid-19.

Tiga tahap kualifikasi hari ini diperkirakan ramai bukan hanya karena performa kejutan Russell. Tapi juga karena lay out sirkuit yang diperpendek hampir setengah dari jalur normal.

Konsekuensinya adalah kepadatan lintasan yang tak bakal terhindarkan. Pada saat semua mobil mencoba speed hingga batas maksimal.

"Ini sangat beresiko. Saya harap tak terjadi apa-apa," komentar Sebastian Vettel (Ferrari), sementara rekan setimnya, Charles Leclerc. menyebut lintasannya jadi macam trek gokart saja.

Lebih frontal lagi adalah komentar Verstappen.

"Ini bukan sirkuit. Ini dibikin hanya untuk entertainment, hiburan semata," tandasnya. (rnp)

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman