F1 2021: FIA Rilis Entry List, Albon dan Hamilton Jadi Sorotan

Minggu, 13/12/2020 13:46 WIB

mobilinanews (UEA) - FIA mengeluarkan daftar sementara pembalap F1 musim 2021. Ada yang terbuang, ada yang datang.

Entah apa yang ada dalam benak Alex Albon (Red Bull) jelang dan selama race GP Abu Dhabi, Munggu (13-12-2020) ini. Pasalnya, namanya tak tercantum dalam entry list yang dikeluarkan FIA untuk 2021. Artinya, Red Bull tidak mendaftarkan namanya untuk musim depan.

Dalam kolom pembalap tim Red Bull hanya ada Max Verstappen. Pembalap pendampingnya tertera TBA ( to be announce) alias belum diputuskan.

Saat ini Red Bull memang belum tentukan siapa pendamping Verstappen tahun depan. Albon masih diuji hingga race terakhir 2020 di Abu Dhabi. Performanya di Abu Dhabi ini akan menentukan kursinya aman atau harus terganti.

Calon penggantinya sudah menunggu, Sergio Perez dan Nico Hulkenberg. Peluang lebih besar didapat Perez yang musim ini cemerlang bersama Racing Point.

Penasehat Red Bull Helmut Marko yang selama ini terdepan mempertahankan Albon, kini mulai mengakui kalau Perez sudah masuk radar timnya.

"Saya akan segera ke Inggris. Line up pembalap kami akan diputuskan dan diumumkan sebelum Natal," ujar pria Austria itu.

Nama lain yang masih kosong adalah pendamping Pierre Gasly dalam tim AlphaTauri, tim yunior milik Red Bull. Tak ada lagi nama Daniil Kvyat.  Di situ juga tertulis TBA.

Ini memunculkan dugaan kuat promosi Yuki Tsunoda dari gelanggang F2. Pembalap binaan Honda itu sudah lama disebut-sebut akan promosi ke Red Bull.

Tadinya ada spekulasi kalau calon pengganti Kvyat adalah Albon jika pada akhirnya ia tak lagi terpakai di Red Bull. Namun pernyataan terakhir Christian Horner menutup kemungkinan itu.

"Tak ada opsi Albon kembali ke Alpha Tauri," tegas Team Principal Red Bull itu.

Selain Tsunoda, dua rookie jebolan F2 sebelumnya sudah resmi masuk tim Haas untuk 2021. Mereka adalah Mick Schumacher dan Nikita Mazepin, menggantikan Romain Grosjean dan Kevin Magnusson yang hilang dari daftar 2021.

Yang juga jadi sorotan adalah Hamilton. Meski habis kontrak bulan ini dan Mercedes belum mengikat kontrak baru untuk 2021 tapi namanya sudah didaftarkan Mercedes ke FIA untuk musim 2021.

Ini menjadi sinyal tegas kalau soal kontrak kedua pihak memang tinggal penetapan dan pengumuman.

Soal Albon dan Perez, pastinya akan jadi penantian menegangkan dalam beberapa hari ke depan. Siapa yang harus terbuang? (rnp)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!