FIA Tetapkan Jadwal F1 2021, Rekor 23 Seri!

Kamis, 17/12/2020 21:14 WIB

mobilinanews (Prancis) - Akhirnya FIA menerima, menyetujui dan menetapkan 23 race yang diajukan Liberty Media untuk musim komepetisi F1 2021. Hanya 2 trek baru di Asia yang masih dalam status tanda tanya kesiapannya.

Keduanya adalah GP Arab Saudi di Kota Jeddah yang merupakan tuan rumah baru dalam serial F1. Sementara digelar di sirkuit dalam Kota Jeddah sembari menunggu sirkuit permanen yang super megah selesai dibangun di Qiddiyah.

GP perdana di Jeddah ini direncanakan malam hari dengan konsep full entertainment.

FIA memberi status sementara untuk Jeddah karena homologasinya belum ada.

Untuk mengejar persyaratan teknis yang diminta FIA, Arab Saudi sampai mendatangkan desainer terkenal Hermann Tilke untuk menuntaskan pembanguan sirkuit dalam tempo yang terbilang singkat.

Satu slot lain yang masih dikosongkan dengan status TBC pada 25 April 2021 yang disiapkan untuk GP Vietnam. Juga di sirkuit tengah kota dan juga kali pertama. Seharusnya GP Vietnam dihelat mulai musim 2020 tapi batal karena Coronavirus.

Sebenarnya Vietnam juga ragu bisa menghelat F1 pada 2021, tapi Liberty Media dan FIA memberi kelonggaran waktu untuk menunggu. Kabarnya promotor lokal masih terus bernegosiasi dengan Liberty Media.

Hal sama berlaku untuk GP Catalunya di Barcelona, Spanyol. Meski sudah dapat jadwal tapi segala sesuatunya masih bergantung pada kesepakatan penyelenggara dengan Liberty.

Ironisnya, tak ada GP Turki dalam kalender 2021 meski negara tersebut mengajukan diri. Padahal GP Turki masuk dalam serial 2020 untuk kali pertama setelah absen sejak musim 2011.

Pada race di Istambul Park lalu itu salah satu yang terbaik sepanjang musim 2020 karena berlangsung wet race. Pada race itu juga Lewis Hamilton mengunci gelar dunia 2020 dengan sisa tiga seri di depan.

Seperti tradisi sebelumnya, seri pembuka berlangsung di GP Australia, Sirkuit Albert Park, Melbourne. Race pamungkas di GPAbu Dhabi, UEA. (rnp)

JADWAL F1 2021

March 21

Australia

Melbourne

March 28

Bahrain

Sakhir

April 11

China

Shanghai

April 25

TBC

TBC

May 9

Spain

Barcelona

May 23

Monaco

Monaco

June 6

Azerbaijan

Baku

June 13

Canada

Montreal

June 27

France

Le Castellet

July 4

Austria

Spielberg

July 18

Great Britain

Silverstone

Aug. 1

Hungary

Budapest

Aug. 29

Belgium

Spa-Francorchamps

Sept. 5

Netherlands

Zandvoort

Sept. 12

Italy

Monza

Sept. 26

Russia

Sochi

Oct. 3

Singapore

Singapore

Oct. 10

Japan

Suzuka

Oct. 24

US

Austin, Texas

Oct. 31

Mexico

Mexico City

Nov. 14

Brazil

Sao Paulo

Nov. 28

Saudi Arabia

Jeddah

Dec. 5

Abu Dhabi

Yas Marina

TERKINI
PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya