Latvala Pemimpin Baru Toyota Gazoo Racing, Gantikan Makinen

Jum'at, 18/12/2020 23:28 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Sudah beberapa bulan Toyota mempromosikan Tommi Makinen menjadi penasehat di Toyota Motorsport. Tapi, penggantinya sebagai Team Principal Toyota Gazoo Racing di WRC baru saja diumumkan.

Sang pemimpin baru adalah Jari-Matti Latvala. Seorang Finlandia dan eks pereli papan atas WRC seperti halnya Makinen. Kalau Makinen 4 kali juara dunia maka Latvala hanya beberapa kali jadi runner up dunia. Makinen dan Latvala adalah dua figur kunci sejak Toyota kembali ke WRC pada 2017 lewat Toyota Gazoo Racing.

Pemilihan Latvala diputuskan sendiri oleh President Toyota Motor Corporation Akio Toyoda yang ternyata menyimpan banyak kenangan manis dengan Latvala.

"Saat memikirkan tim baru untuk 2021, wajah yang ada dalam pikiran saya adalah Latvala. Itu karena banyak sekali situasi yang membuat saya simpati kepadanya," komentar Toyoda sembari menyebut kelebihan Latvala yang sangat antusias dengan brand Toyota, kedekatannya dengan fans serta komunikasinya yang efektif dengan para mekanik.

"Kemampuannya sebagai manajer belum terbukti. Tapi, atribut yang kami miliki bersama menjadi faktor penentu mempercayakan tim ini kepadanya. Saya yakin Yaris WRC makin bersinar bersamanya," imbuh Toyoda.

Latvala pun antusias menerima kepercayaan itu. Tantangan baru yang ia siap jalani dengan apa yang telah ia pelajari selama bertahun-tahun.

"Tommi sudah lakukan pekerjaan hebat. Ia membangun tim ini dari nol hingga membawa kesuksesan. Tentu saja selalu ada ruang untuk peningkatan dan itu yang ingin saya lakukan," kata Latvala.

Sebagai Team Principal, Latvala mengakui tugasnya lebih ringan karena saat ini Toyota sudah punya besutan yang terbukti kuat berkompetisi. Apalagi tak ada perubahan signifikan susunan pereli tahun depan. Yaris WRC akan tetap dipiloti skuad 2020 Sebastien Ogier, Elfyn Evans dan Kalle Rovanpera.

"Musim 2021 sudah akan tiba. Kami sudah punya paket terbaik dan semua sudah paham apa yang harus dilakukan jelang seri pertama di Monte Carlo," imbuh Latvala. (rnp)

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag