Liburan ke Pegunungan di Musim Hujan, Pengemudi Harus Perhatikan Ini

Kamis, 24/12/2020 13:37 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Musim liburan di penguhujung tahun sudah mulai tiba. Kondisi liburan saat ini biasanya dibarengi dengan musim hujan.

Bagi pengemudi yang ingin melakukan perjalanan ke daerah pegunungan pada kondisi seperti ini, mereka harus lebih memperhatikan kondisi medan dan kendaraan.

Sonny Susmana, instruktur safety driving dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), memberikan beberapa penjelasan mengenai tips berkendara secara aman di medan pegunungan di kala musim hujan. 

Menurut Sonny, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan ke daerah tujuan.

"Saat berkendara di cuaca buruk, ingat kendali kendaraan 100 persen ada pada pengemudinya, pastikan siap berkendara dan kuasai fitur-fitur keselamatan yang ada di kendaraan. Mengemudi di kondisi tersebut membutuhkan strategi dan jurus dalam mengantisipasi kondisi-kondisi cuaca buruk, namanya Anticipation Driving, dan ini mutlak harus dimiliki seorang pengemudi," jelas Sonny Susmana kepada mobilinanews.

Beberapa persiapan yang harus dipersiapkan menurut Sonny antara lain adalah, wiper, lampu penerangan di depan dan belakang, tekanan angin pada ban, sistem pengereman kendaraan serta mengecek fitur keselamatan tambahan yang ada pada kendaraan seperti ABS, BA, ESC, dan beberapa fitur lainnya.

Pada model Wuling Almaz, mereka yang akan berpergian juga mendapat kemudahan karena mobil ini sudah dibekali dengan fitur mumpuni yakni Hill Hold Control.

Dengan adanya fitur Hill Hold Control, maka mobil tidak akan langsung turun ketika Anda melepas pedal gas. Tetapi, fitur ini memberikan waktu beberapa detik agar Anda bisa mengantisipasi medan tersebut.

Dengan adanya fitur tersebut, Sonny kembali menambahkan bahwa pengemudi akan lebih terbantu dengan Hill Hold Control. Karena, selama ini mobil yang belum dilengkapi dengan fitur ini hanya mengandalkan dari kinerja parking brake.

"Dengan adanya fitur ini (Hill Hold Control) sangat-sangat membantu, karena selama ini pengemudi selalu mengandalkan parking brake di kondisi seperti itu," tambahnya.

Selain dibekali dengan Hill Hold Control, Wuling Almaz, juga sudah dibekali dengan beberapa fitur unggulan lainnya, di antaranya Anti-lock Braking System), EBD (Electric Brake-force Distribution) dan Brake Assist (BA), ESC (Electronic Stability Control), Electric Parking Brake, Automatic Vehicle Holding, serta Airbag. (hf)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060