Akhirnya, IOF Pengcab Paliko Sumatera Barat Terbentuk!

Sabtu, 26/12/2020 21:30 WIB

mobilinanews (Payakumbuh) - Lama offroader di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota (Paliko) di Sumatera Barat idamkan terbentuknya Pengurus Cabang (Pengcab) Indonesia Off-road Federation (IOF). Meski kegiatan offroad sering digelar, namun IOF Pengcab Paliko belum terbentuk.

Club offroad pertama yang ada di Paliko adalah Sago 4x4.

"Kami sudah eksis sejak 15 tahun yang lalu. Ketika itu, baru ada satu wadah tempat offroader bernaung," ungkap Muhammad Zulham, Ketua Sago 4x4.

Ketika itu, Zulham belum terpikir untuk mendirikan Pengcab. Pasalnya baru ada satu club. Syarat untuk membentuk Pengurus Cabang di Kota atau Kabupaten sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IOF minimal 2 club.

5 tahun setelah itu, hadir Sinama Adventure Club (SAC). Salah satu pendirinya Zal Ahmadi. Ia lalu menjadi Ketua SAC selama dua periode. Diperkuat juga Supardi yang sekarang mulai sibuk sebagai Ketua DPRD Sumatera Barat.

Agar terjadi regenerasi kepemimpinan di SAC, Ketua berikutnya terpilih Zulkasni.

"Sekarang SAC berusia 10 tahun. Sudah banyak kegiatan offroad yang kami adakan. Tapi lebih lengkap lagi jika terbentuk IOF Pengcab Paliko," harap Zulkasni.

Namun, ternyata tak mudah membentuknya. Terjadi tarik menarik antara Sago 4x4 dan SAC, siapa yang akan menjadi Ketua Pengcab?

Muncul club baru bernama Mudiak Adventure Club (MAC) sekitar 6 bulan lalu. Ketuanya Datuak Batang.

Lalu ketiga club berembug. Siapa yang layak jadi Ketua? Kebetulan Letkol Kav Ferry Stevanus Lahe selaku Dandim 0306/50 Kota penyuka offroad. Dan beliau berperan aktif dan mendukung setiap hajatan. Sepertinya ini figur yang cocok menjadi leader.

"Kami setuju jika beliau yang pimpin," tutur Zulkasni dari SAC. "Setuju kalau pak Dandim yang jadi Ketua," tambah Muhammad Zulham dari Sago 4x4. "Kalau saya mendukung sebagai club baru," tegas Datuak Batang.

Akhirnya Dandim 0306/50 Kota menerima keputusan bersama.

"Jangan saya pribadi dijadikan Ketua, tapi Jabatan Dandim saja. Jadi saat saya pindah tugas nanti, akan ada penggantinya. Wakil Walikota Payakumbuh kita tunjuk sebagai Pembina," saran Letkol Kav. Ferry Lahe yang baru saja membangun Jeep Willys Universal tahun 1960.

Klop deh! (bangve)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas