Auto2000 Berikan Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol Saat Libur Akhir Tahun

Rabu, 30/12/2020 15:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Memasuki masa libur akhir tahun, jalan tol menjadi prioritas utama bagi yang menggunakan mobil untuk berlibur. 

Supaya perjalanan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman, AutoFamily dapat mempelajari tips mengemudi di jalan tol berikut ini.

1. Persiapkan Bahan Bakar
Untuk mencegah kerumuman dan penerapan protokol kesehatan, pengunjung rest area di jalan tol akan dibatasi hingga 50%. Supaya tidak bermasalah dengan bahan bakar, pastikan tangki bensin sudah terisi penuh sebelum masuk jalan tol.

2. Waspada Microsleep
Microsleep merupakan bahaya laten yang sering menyerang saat melakukan pekerjaan yang monoton seperti mengemudi di jalan tol yang melenakan. Microsleep adalah suatu kondisi dimana pengemudi mobil tertidur lelap secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 1 hingga 30 detik. Kondisi ini cukup untuk membuat AutoFamily kehilangan kendali dan sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

3. Kendalikan Emosi
Wajib diingat, perjalanan liburan membawa anggota keluarga tercinta. Oleh karenanya, kendalikan emosi saat mengemudi. Tidak perlu meladeni pengguna jalan yang memancing emosi seperti menyerobot antrian di gerbang tol. Berkendaralah sesuai aturan dan jangan berlaku seenaknya sendiri seperti pindah jalur tiba-tiba. Hindari bermain ponsel dan fokus pada kondisi jalan di depan.

4. Patuhi Aturan Lalu Lintas
Di masa liburan, beberapa titik jalan tol akan mengalami kepadatan, seperti di sekitar rest area dan gerbang tol. Ikuti aturan dan petunjuk yang ada, termasuk arahan dari petugas kepolisian. Jangan menyerobot antrian yang bisa menambah kemacetan atau bahkan memicu kecelakaan. Saat jalan mulai lengang, AutoFamily juga harus tetap patuh pada aturan, seperti batas kecepatan dan tidak menyalip melewati bahu jalan.

5. Bahaya Aquaplaning
Aquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air. Risikonya adalah mobil tidak mau dikendalikan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Segera kurangi kecepatan saat hujan turun atau melewati wilayah yang habis terkena hujan. Tidak hanya ban, perangkat rem dan visibilitas pengemudi juga ikut tereduksi saat hujan.

6. Siapkan e-Toll
Syarat  mutlak untuk dapat menggunakan jalan tol adalah saldo kartu e-toll yang cukup. Minimal harus tersedia dua kartu sebagai cadangan jika ada masalah. Letakkan kartu di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak gampang jatuh atau tercecer.

7. Catat Nomor Darurat
Khusus untuk AutoFamily yang membeli mobil baru Toyota di Auto2000, dapat memanfaatkan layanan darurat dari AstraWorld yang siaga 24 jam penuh. AutoFamily juga dapat mengakses Auto2000 Digiroom untuk melihat lokasi bengkel Auto2000 seandainya ingin melakukan perbaikan mobil atau servis berkala sembari berlibur. 

Urusan Toyota lebih mudah, database pelanggan yang terintegrasi dan sistem layanan after sales yang sama di seluruh cabang Auto2000 memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada AutoFamily meskipun sedang berlibur.

Itupun masih ditambah program promo yang bisa didapatkan melalu menu PROMO di Auto2000 Digiroom.

Untuk saat ini, terdapat 2 promo after sales. Pertama adalah Auto2000 Digiroom Servicetival yang memberikan berbagai bonus ketika booking service hingga 31 Desember 2020 untuk jadwal servis berkala sebelum 31 Januari 2021.

Kedua adalah Promo THS Check Up Toyota, di mana AutoFamily bisa menikmati check-up 20 item mobil secara gratis melalui layanan THS Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah, hotel, atau lokasi wisata. Tentu jika di wilayah tersebut tersedia armada THS dan diijinkan oleh pengelolanya.

“Selamat menikmati liburan bersama keluarga tercinta. Patuhi protokol kesehatan dan mengemudilah di jalan tol dengan aman demi kelancaran perjalanan. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu AutoFamily melalui jaringan bengkel dan armada THS yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan promo menguntungkan," jelas Cahaya Fitri Tantriani, CSD & Marketing Communication Dept. Head Auto2000, Rabu (30/12/2020). (wan)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!