Simulator Racing Bisa Menjadi Alternatif Balapan Saat Pandemi dan Relatif Murah!

Kamis, 31/12/2020 03:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Racing simulator yang saat ini tengah naik daun, banyak mendapat perhatian dari penyuka balap di Indonesia.

Terlebih dengan hadirnya P1 ADMI Motorsport yang berada di bawah naungan Ikatan Motor Indonesia Pusat yang menyediakan perlengkapan balap Simulator lengkap dan bisa melakukan latihan di situ dengan cara sewa per jam.

Menurut peslalom andalan Toyota Team Indonesia, Anjasara Wahyu yang sempat mengikuti seri 1 Kejurnas Indonesia Digital Motorsport Championship hari Minggu (27/12/2020) kemarin, adanya simulator racing ini, bisa menjadi alternatif bagi kalangan muda yang menggemari dunia balap. 

Terlebih, simulator racing juga masih terbilang murah dari sisi finansial, dibandingkan mengikuti balapan sungguhan.

"Ya kalau menurut saya, intinya kalau orang balap mau 'murah' ya mereka beli simulator aja. Dibandingin balapan beneran, ini kan sekali beli Rp 70 juta, dan itu bisa dipakai sampe rusak mesin simulatornya," ujar Anjasara kepada mobilinanews.

Peslalom yang telah mempersembahkan dua gelar Juara Nasional untuk Toyota Team Indonesia itu menjabarkan berapa biaya yang harus dikucurkan untuk ikut balapan.

"Jika kita hitung-hitung, dengan budget simulator  Rp 70 juta, kalau dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mobil balap, jauh lebih mahal. Contoh, suspensi Rp 30 juta, belom ban, itu aja sudah berapa duit? Kan lebih murah dibandingkan balap beneran," tambah Anjas.

Di samping itu, Brand Ambassador GT Radial ini melihat simulator/" style="text-decoration:none;color:red;">racing simulator sudah mendapat tempat di kalangan anak muda.

Terlebih, saat kegiatan kejurnas IDMC digelar Minggu pekan lalu, ia melihat antusias yang begitu tinggi dari anak-anak muda.

"Untuk saya juga ini merupakan pengalaman baru, dan saya juga melihat anak-anaknya banyak yang excited buat ikutan balapan simulator. Ditambah, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Ikatan Motor Indonesia," terang Anjas. (hf)

TERKINI
WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Eshark Rok Cup 2024 : Rafie Farhan Siddiq Rebut Trofi Juara 2 Entry Level, Sebelumnya Hanya Juara 5