F1: Akhirnya Red Bull Akui Rekrut Perez Buat Nyolong Data Mercedes

Rabu, 30/12/2020 22:50 WIB

mobilinanews (Inggris) - Sebagai rival, Red Bull Racing dan Mercedes pasti selalu saling intip kekuatan dan kelemahan masing-masing dengan segala cara. Dalam kaitan itulah Sergio Perez punya kelebihan untuk direkrut Red Bull.

Untuk kali pertama Red Bull secara resmi akui kalau bukan hanya faktor speed dan reputasi yang membuat Perez kalahkan Nico Hulkenberg dalam perburuan kursi sebagai pendamping Max Veratappen.

Back ground Perez selama bertahun-tahun menjadi pembalap utama Racing Point bisa menjadi "mata" teknisi Red Bull guna mengulik keandalan dan kelebihan mesin Mercedes yang diusungnya bersama tim Racing Point. Fakta bahwa mobil dan mesin itulah yang membawa Perez ke Grup 4 Besar klasemen pembalap F1 2020. Ia pun nyaris membawa Racing Point menghuni 3 Besar kanstruktor, yang gagal karena ia DNF di putaran akhir GP Abu Dhabi.

"Ia beberapa musim dengan mesin Mercedes. Ini berbicara banyak hal soal siapa dirinya dan apa yang ia tahu dengan mesin itu," kata penasehat Red Bull Motorsport Helmut Marko.

Dikutip dari motorsport.com, Marko membandingkan Perez dengan Hulkenberg yang juga sempat bikin kejutan saat 3 kali membesut Mercedes pada 2020. Pembalap Jerman itu menjadi pembalap pengganti saat Perez dan Lance Stroll tak bisa bela Racing Point karena terpapar virus Covid-19. Pefforma Hulkenberg mendapat decak kagum komunitas F1 meski persiapannya sangat minim.

"Nico terakhir di musim F1-nya dengan Renault. Anda tak mungkin dapat sesuatu dari 3 pengalamannya dengan mesin Mercedes. Karena saat itu ia lebih sibuk menyesuaikan diri dengan mobil ketimbang mengumpulkan data," kata Marko.

Kesimpulannya, Red Bull memang ingin pakai pengetahuan Perez untuk nyolong data teknologi Mercedes sebagai rival. Itu hal yang tak bisa dilakukan Hulkenberg. Maka ia pun tersingkir meski dapat rekomendasi Verstappen yang juga sahabatnya. (rnp)

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!