MotoGP 2021: Saatnya KTM Tarung di Level Atas, Incar Gelar Juara Dunia

Sabtu, 02/01/2021 20:09 WIB

mobilinanews (Austria) - CEO KTM Stefan Pierer pancang target ambisius di musim 2021 yang menurutnya realistis. Yakni menjadi penantang perebutan gelar di kelas primer.

Pabrikan Austria itu baru rasakan kemenangan pada 2020 setelah memgaspal di MotoGP sejak 2017. Kemenangan bersejarah itu ditorehkan Brad Binder di GP Ceko.

Itu juga kemenangan perdana Binder di kelas primer, sekaligus sejarah buat Afrika Selatan yang kini tercatat dalam daftar negara penghasil juara di MotoGP.

Secara keseluruhan KTM mencatat kemajuan luar biasa dibandingkan sebelumnya. Dua kemenangan lain ditorehkan Miguel Oliveira meski bertarung lewat tim satelit KTM Tech3. Total 3 kemenangan dan 8 podium yang diraih.

"Kami melampaui target 2020. Sekarang kami punya teknis yang memungkinkan menang buat beberapa type pembalap. Tujuan kami tahun ini adalah bertarung dalam perebutan gelar - dan juara dunia jika memungkinkan," kata Pierer.

Ujung tombak KTM adalah Binder dan Oliveira (promosi ke tim pabrikan menggantikan Pol Espargaro) di tim utama.

Pengalaman menang di 2020 plus pengembangan teknis RC16 yang disiapkan Dani Pedrosa diyakini jadi modal memadai untuk bersaing melawan pasukan Honda, Yamaha, Ducati maupun Suzuki yang juga tampil mengejutkan pada musim 2020. 

Tim satelit Tech3, kata Pierer,  juga tak bisa diabaikan dengan kedatangan rider senior Danilo Petrucci yang juga raih 1 kemenangan di 2020 bersama Ducati. Pembalap Italia itu kini berduet dengan rider junior KTM Iker Lecuona.

Pierer menambahkan target KTM sangat realistis. Bukan hanya karena 8 podium musim lalu, tapi juga didorong oleh fakta Suzuki yang sukses menjadi juara dunia 2020 lewat Joan Mir.

Pabrikan termuda Jepang itu meraih prestasinya setelah kembali ke MotoGP pada 2015. 

KTM sendiri bermain di kelas primer sejak 2017. Kemajuan drastis terasa sejak Pedrosa (eks Repsol Honda) bergabung sebagai test rider pada awal 2019. (rnp)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas