Warning! Motor Dengan Daya Angkut Berlebih, Bisa Sebabkan Kecelakaan dan Korbankan Orang Lain

Sabtu, 09/01/2021 20:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Belakangan ini, fenomena ojek online yang mengangkut barang seperti kulkas atau barang besar lainnya menggunakan motor, sering terlihat di jalan raya. Padahal, kondisi tersebut sangatlah berbahaya.

Kendaraan bermotor roda dua memang tidak diperuntukkan mengangkut barang bawaan yang cukup besar. Motor lebih diperuntukan mengangkut perorangan dan hanya untuk dua orang, tidak lebih.

Sony Susmana, pakar keselamatan berkendara dan Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menjelaskan bahaya yang akan timbul jika pengendara melakukan hal tersebut.

"Memaksakan barang bawaan melebihi dimensi dan berat akan memicu kecelakaan. Tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga bahaya terhadap lingkungan sekitar. Over dimensi atau over load, membuat motor mudah hilang keseimbangan," jelas Sony Susmana kepada mobilinanews.

Menurut Sony, apa yang dilakukan oknum tersebut menganggap enteng. Dan kebanyakan, yang mengangkut barang berlebih di sepeda motor meremehkan bahaya yang akan timbul nantinya.

"Hal ini dilakukan karena kebiasaan cara berfikir dan perilaku yang tidak aman dari para pengendara sepeda motor. Semuanya dianggap remeh, jauh dari bahaya, sampai dengan kecelakaan benar-benar terjadi," tandas Sony.

Tentunya, selain mengakibatkan kecelakaan, pengendara motor yang melakukan hal tersebut juga akan ditindak oleh petugas.

Hal ini dikarenakan tidak sesuai dan melanggar  Undang-Undang Lalu Lintas yang berlaku serta ada sanksi hukumnya. (hf)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik