NIO, Mobil Listrik Dari Tiongkok Dinilai Pesaing Tesla, Lebih Canggih dan Kompetitif?

Senin, 11/01/2021 17:59 WIB

mobilinanews (Tiongkok) - Kehadiran mobil listrik Tesla sebagai pionir akhirnya mendapat perlawanan. Salah satu kompetitor barunya datang dari produsen otomotif Tiongkok, NIO yang sudah mempersiapkan senjata andalannya.

Dilansir dari carscoops, NIO menghadirkan ET7 sebuah sedan dibanderol dengan rentang harga lebih kompetitif.

NIO ET7 dijual dengan harga 378 ribu Yuan (Rp 875 jutaan), namun produsen tidak memberikan baterai. Sedangkan untuk harga paket komplit, NIO ET7 dibanderol dengan harga 448 ribu Yuan (Rp 978 jutaan)

Konsumen yang membeli NIO ET7 ini dapat memilih beberapa kapasitas baterai. Produsen sendiri menyediakan tiga kapasitas, dengan rentang mulai 70 kWh, 100 kWh, dan 150 kWh.

Berbekal kapasitas tersebut, untuk jarak tempuhnya pun beragam, mulai dari 500 km, 700 km sampai 1.000 km.

Sementara itu, mengenai tenaga yang dihasilkan, mobil ini dikabarkan mampu menghasilkan tenaga sebesar 653 PS dengan torsi 850 Nm.

Dengan begitu, mereka mengklaim mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 kpj hanya dengan 3,9 detik.

Pendiri NIO, William Li mengatakan sedan ET7 dapat bekerja dengan sistem penggerak otonom baru perusahaan (tersedia sebagai langganan dengan harga sekitar $ 105 per bulan) yang dilengkapi dengan resolusi kamera 8 megapiksel — bandingkan dengan Tesla 1.2 megapiksel — dan chip pemrosesan Nvidia yang diduga menawarkan 7 kali lebih besar kekuatan pemrosesan lebih besar daripada komputer self-driving Tesla.

William Li juga mencatat ET7 akan dilengkapi dengan sensor lidar yang memungkinkan mobil lebih memahami lingkungannya.

NIO juga mengerjakan sistem untuk mengaktifkan layanan penggantian baterai tercepat di dunia, yang disebut Power Swap Station 2.0, memungkinkan pertukaran otomatis sepenuhnya dalam waktu kurang dari 3 menit.

Selama proses ini, baterai dan pemeriksaan sistem juga dilakukan. Stasiun pertukaran baterai hanya akan mengambil footprint dari 3 tempat parkir, agar tidak terlalu mengganggu area sekitarnya. (hf)

TERKINI
WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Eshark Rok Cup 2024 : Rafie Farhan Siddiq Rebut Trofi Juara 2 Entry Level, Sebelumnya Hanya Juara 5