F1 2021: Abiteboul Tinggalkan Renault, Duet Rossi - Brivio di Level Puncak

Senin, 11/01/2021 23:21 WIB

mobilinanews (Prancis) - Secara resmi Renault umumkan hari ini kalau Cyril Abiteboul meninggalkan tim Renault yang telah berganti nama jadi Alpine F1.

Jabatannya sebagai Managing Director dan Team Principal Renault F1 kini kosong. Maka, tinggal pengumuman resmi saja bahwa penggantinya adalah Davide Brivio.

Dalam sepekan terakhir memang Renault jadi pusat perhatian,  Bukan hanya di komunitas F1, tapi juga MotoGP. Tak lain karena pengunduran diri Brivio sebagai Team Principal Suzuki yang baru saja sukses membawa gelar juara dunia lewat Joan Mir.

Sudah dipastikan ia akan berlabuh di tim Alpine yang menjadi brand baru tim Renault di F1. 

Brivio memang disebut-sebut bakal jadi Team Principal sementara Abiteboul menjadi CEO. Tapi, rupanya beda skenario karena pria Prancis itu malah mundur. 

Renault juga umumkan CEO baru untuk tim Aloine adalah Laurent Rossi, yang saat ini menjabat Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis Groupe Renault. Sebagai CEO Alpine ia akan melapor langsung kepada bigboss Luca de Meo selaku CEO Groupe Renault.

Secara resmi belum diumumkan siapa pengganti Abiteboul sebagai Team Principal meski sangat kuat dugaan kalau itu akan diisi Brivio. Jika ini nantinya benar maka duet Rossi - Brivio akan jadi pemimpin puncak tim Alpine F1 mulai 2021.

Ini hanya kebetulan saja mengingatkan duet sukses Rossi (Valentino) - Brivio saat di tim Yamaha MotoGP.

"Saya ingin ucapkan terimakasih kepada kepada Cyril yang memimpin Renault dari posisi nomor dua dari bawah pada musim 2016 menjadi tim yang kuat dan mamou raih podium seperti saat ini," sambut De Meo dalam rilis Renault.

Abiteboul sudah berada di paddick F1 pada 2001 lewat tim Caterham. Ia masuk Renault F1 sebagai Manajer Pengembangan Bisnis pada 2007. 

Setelah sempat balik ke Caterham sebagai Team Principal, ia kembali masuk Renault pada 2017 dengan jabatan sama hingga saat mundur pada hari ini.

Di tangannya, prestasi terbaik Renault adalah 4 Besar konstruktor pada musim 2018. Pada 2019 dan 2020 tim ini berada di grup 5 Besar. (rnp)

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas