MotoGP 2021: Muntahan Sepang, Qatar Gelar Semua Tes Pra Musim

Jum'at, 15/01/2021 17:58 WIB

mobilinanews (Qatar) - Dari segi kuantitas, tes pra musim 2021 memang tak berpengaruh meski jadwal di Sepang, Malaysia, batal digelar. Tapi, dari sisi kualitas, para rookie 2021 termasuk rugi.

Sirkuit Losail di Qatar dapat muntahan sesi dari Sepang. Tes yang harusnya dihelat di sini dipindah ke Losail membuat seluruh tes jelang kompetisi 2021 berlangsung di sana. 

Dimulai dari sesi shakedown pada 5 Maret. Tes sehari ini khusus buat para tester dan pembalap pendatang baru alias ruki macam Jorge Martin, Luca Marini dan Enea Bastianini. 

Pembalap Aprilia Lorenzo Savadori bukan seorang ruki, tapi diizinkan ikut tes ini karena jam terbangnya terbilang minim di kelas primer.

Selanjutnya tes resmi yang juga muntahan dari Sepang digelar pada 6 dan 7 Maret.  Selanjutnya masuk pada jadwal awal winter test Qatar pada 10-12 Maret.

Tanpa Sepang, tes musim ini jelas berkurang nilainya. Pasalnya karakter trek Sepang terbilang komplet untuk menguji berbagai aspek karena mewakili banyak karakter sirkuit di Eropa. Trek lurus ganda, tikungan cepat dan lambat, semuanya ada. Dan, tentu saja faktor cuaca panas yang penting menguji daya tahan mesin dan ban.

"Yang dirugikan perubahan ini adalah pembalap rookie. Kami sendiri dan mungkin yang lain juga tak terlalu berpengaruh karena regulasi 2020 berlanjut ke 2021," komentar pembalap tim Suzuki Alex Rins.

Kebijakan FIM untuk membekukan pengembangan mesin, seperti kata Rins, membuat semua tim tak boleh lakukan pengembangan mesin ke 2021.

Kebijakan ini diambil agar semua tim tak lagi terbebani pembengkakan biaya karena sudah cukup menderita oleh pandemi Covid sepanjang musim 2020.

"Praktis kami menggunakan motor spek 2020. Tak banyak komponen penting yang perlu diuji. Jadi, pada akhirnya winter test tidak lagi sepenting sebelumnya ketika tim harus ngetes motor dan part spesifikai baru," katanya. (rnp)

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060