F1 2021: Seri Monaco, Azerbaijan dan Kanada Batal, Eropa Bakal Makin Padat

Sabtu, 16/01/2021 18:06 WIB

mobilinanews (Prancis) - Kalender F1 2021 yang berisi 23 race kembali berantakan. Tiga seri yang semuanya street circuit kemungkinan besar batal jadi tuan rumah. Ketiganya berada di 3 benua berbeda.

Serangan pandemi Covid-19 memang luar biasa. Musim kompetisi F1 tahun ini belum dimulai tapi sudah mengubah seri pembuka yang harusnya di benua Australia di pindah ke Bahrain.

GP China di Asia juga sudah resmi batal. Sekarang GP Monaco, Azerbaijan, dan Kanada juga disebut-sebut kemungkinan besar dibatalkan. Membuat jadwal F1 di empat benua sudah rusak.

Ketiga sirkuit di Monaco, Azerbaijan dan Kanada berada di tengah kota. Sebagaian besar treknya adalah jalanan umum. Untuk mengubahnya jadi sirkuit standar FIA maka perlu waktu berbulan-bulan.

Itu yang membuat sama sekali tak bisa diprediksi apakah penyelenggara mampu menghelat cara sesuai jadwal. Jangan sampai terulang kejadian buruk tahun lalu di GP Australia, yang akhirnya batal hanya satu jam jelang FP1.

Pembatalan memang belum diumumkan secara resmi. Tapi sinyalnya sudah jelas karena Liberty Media sebagai promotor sudah menyiapkan 3 kandidat pengganti agar slot 23 race tetap berjalan.

Ketiganya adalah Sirkuit Mugello Italia, Istambul Turki dan Nurburgring Jerman. Membuat seri di Eropa semakin padat. Tahun lalu ketiga sirkuit ini juga tampil sebagai pengganti.

Sepertinya ini bukan jadi perubahan terakhir pada kalender 2021 mengingat serangan virus Covid-19 masih menjalar ke semua benua. (rnp)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan