MotoGP 2021: Pengganti Sementara Marquez, Santi Lebih Suka Bradl Ketimbang Dovizioso

Kamis, 21/01/2021 13:27 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Namanya Santi. Bukan cewek, tapi pria brewok berambut keriting. Lengkapnya Santi Hernandez. Statusnya adalah crew chief Marc Marquez sejak bocah sampai sekarang meraja di level MotoGP. 

Marquez sedang istirahat panjang dan bisa jadi hingga 6 bulan ke depan akibat cidera berkepanjangan sejak musm lalu.

Tapi, Santi tak berarti ikut libur kompetisi. Ia menjadi kepala mekanik Stefan Bradl selaku pembalap pengganti Marquez. Rider Jerman itu tampil gantikan Marquez dalam 12 seri tahun lalu.

Hasilnya, tak terlalu bagus jika dibandingkan dengan kualitas RC213V yang disebut-sebut motor paling garang di trek MotoGP.

Tapi, Santi sudah merasa Bradl berbuat hebat dalam konteks memberikan feedback pengembangan motor. Itu sebabnya Santi sangat tak setuju dengan wacana mendatangkan Andrea Dovizioso sebagai pengganti Marquez pada musim 2021.

"Saya rasa bukan hal normal mendatangkan Dovi gantikan Marc. Lebih masuk akal kalau Stefan adalah pengganti Marc karena dialah yang memiliki sensasi terbaik dengan motornya," kata Santi yang sudah menenami Marquez bersaudara sejak katagori junior.

Di mata Santi, Bradl adalah pembalap yang punya kecepatan. Itu yang ia butuhkan dari fungsi Bradl sebagai tester yang sudah cocok dengan metode pengumpulan data yang diinginkan Santi. 

"Ia menguji berbagai hal untuk meningkatkan motor. Untuk hal itu siapa yang lebih baik dari dia untuk gantikan Marc?," ujar Santi.

Dovizioso sendiri sudah mengatakan tertarik menggantikan Marquez tahun ini. Tapi, dengan catatan ia tampil penuh dalam semusim. Bukan untuk dua atau tiga seri saja.

Tapi, dengan pernyataan Santi sepertinya peluang Dovizioso kini tipis terlepas dari syarat yang ia minta.  

Bradl adalah juara dunia Moto2 tahun 2011. Tahun berikutnya ia naik ke MotoGP tapi tak pernah bersinar di level atas. Di kelas primer ini ia pernah membesut Honda, Yamaha dan Aprilia.

Sejak musim 2018, ia dipercaya jadi tester sekaligus pembalap cadangan Repsol Honda. (rnp)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali