F1 : Marcus Armstrong, Debutan Ferrari Dari Negeri Kiwi

Rabu, 27/01/2021 15:52 WIB

mobilinanews (Italia) - Hanya satu pembalap F1 asal Selandia Baru dalam sejarah Ferrari F1. Yakni Chris Amon pada 1960-an. Marcus Armstrong kini berpotensi jadi kedua.

Pembalap muda, 18 tahun, dari Negeri Kiwi itu sudah lakukan debutnya pada sesi tes khusus di Sirkuit Fiarano milik Ferrari di Maranello, Italia.

Bersama akademika FDA (Ferrari Driver Academy), Armstrong berkesempatan membesut Ferrari F1 spek 2018.

Mobil ini juga dibesut pembalap Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz di tempat sama. Hanya beda hari.

Ini kali pertama ia geber mobil F1 meski sudah jadi pembalap formula sejak remaja.

"Sangat beda.  Benar-benar lain dari semua yang pernah saya kemudikan," ujar Armstrong yang mengawali karirnya dengan gokart di masa kanak-kanak.

Pada umur 14 tahun ia dikirim bapaknya, Rick Armstrong (pengusaha otomotif negerinya), ke Eropa mengikuti kejuaraan Eropa dan Dunia.

Talenta yang perlihatkan membawanya masuk FDA dan selanjutnya berlaga di F4, F3 dan sejak musim lalu sudah berada di F2 yang artinya tinggal selangkah lagi ke F1 jika performanya meyakinkan tahun ini.

Seluruh komunitas balap Selandia Baru menunggunya sampai di F1 seperti alumnus FDA lainnya macam Sergio Perez, Antonio Giovinazzi, Charles Lelecler, Mick Scumacher yang saat ini sudah mengaspal di trek F1. 

Tes di Fiorano adalah awal dari segalanya. Ini kali.pertamanya di dalam kokpit F1 dan berharap bukan kali terakhir.

"Tes ini kesempatan sekaligus peluang sangat berharga. Ia dapat sesi ini bukan karena pemberian, tapi karena bakat dan kerja kerasnya dalam 10 tahun terakhir," kata sang ayah.

Ini tahun kelima Armstrong di FDA. Harapannya bersama sang ayah dan seluruh fans di Negeri Kiwi adalah tentu bermain di F1 suatu saat nanti.

Dan, dari semua pembalap binaan Ferrari saat ini mak Armatrong adalah salah satu kandidat kuat. (rnp)

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060