Segini Denda Tilang Elektronik di Jakarta!

Senin, 01/02/2021 09:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Setelah resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo menetapkan program kerja untuk 100 hari ke depan.

Salah satunya dengan membentuk satuan tugas (satgas) untuk menjalankan program electronic traffic law enforcement (ETLE) yang berarti perluasan pemanfaatan tilang elektronik dan akan menghilangkan tilang langsung oleh Polantas.

“Setelah pelantikan, Kapolri menyampaikan Commander Wish pada jajaran. Satu diantaranya ialah di bidang lalu lintas dan penegakan hukum berbasis IT," ujar Irjen Pol Istiono selaku Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri.

ETLE sendiri merupakan program penegakan hukum dalam bidang IT yang bertujuan untuk mengawasi adanya pelanggaran dalam berkendara di jalan raya.

Istiono mengatakan Korlantas akan menyiapkan sebanyak 166 kamera CCTV untuk mengontrol arus lalu lintas di 3 Polda dan 4 Polresta, dalam tahap pertama.

Seperti di Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Riau, Polresta Jambi, Polresta Gresik, Polresta Batam, dan Polresta Padang.

“Rencananya kamera ELTE akan launching pertengahan bulan Maret mendatang,” tambahnya.

Tepatnya, pada 17 Maret 2021 dan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Korlantas Polri, dihadiri Ditlantas Polda dari seluruh Indonesia.

Lalu, berapa nominal denda yang berlaku dalam tilang elektronik? 

Berdasarkan UU No.22 Tahun 2009, jenis denda terbagi menjadi berikut: 
-    Tidak menggunakan helm SNI sebesar Rp 250.000
-    Tidak menggunakan sabuk pengaman Rp 250.000
-    Berkendara sambil bermain HP denda Rp 750.000
-    Menerobos lampu merah sebesar Rp 500.000
-    Melanggar rambu dan marka jalan Rp 500.000

Wah, untuk itu kita harus semakin berhati-hati dalam berkendara ya guys, banyak CCTV mengintai! (hilary)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman