MotoGP 2021: Thailand Batal, Seri Pembuka di Qatar Juga Rawan, Format 2020 Potensi Terulang

Rabu, 03/02/2021 10:50 WIB

mobilinanews (Thailand) - Lagi, serangan Covid-19 memukul telak agenda balap internasional. GP Thailand yang sudah masuk kalender harus keluar dari musim 2021. Di sisi lain, dua seri beruntun di Qatar juga terancam batal. 

Bangkok Post melaporkan pemerintah Thailand telah memutuskan menunda GP Thailand di Sirkuit Buriram hingga musim 2022, yang artinya batal ikut serta dalam perhelatan musim 2021.

Pilihan itu dikonfirmasi oleh juru bicara pemerintah Traisuree Taisaranakul. Pemerintah memang jadi promotor acara ini. Meski begitu, katanya, anggaran penyelenggaraan sebesar 25 juta Euro tetap deisetujui kabinet.

Tadinya GP Thailand dialokasikan di bulan Oktober, berdekatan dengan GP Jepang di Sirkuit Motegi. Setelah jeda sepekan, dari Jepang rencananya balapan lanjut ke seri Australia dan Malaysia.

Dengan mundurnya Thailand maka kemungkinan besar jadwal Jepang juga bergeser agar lebih dekat dengan Australia dan Malaysia.

Berita mundurnya Thailand belum dikonfirmasi Dorna Sports selaku pengelola MotoGP. Yang jelas CEO Carmelo Ezpeleta dan jajarannya pasti pusing menghadapi situasi yang sulit diprediksi.

Kabar buruk lainnya adalah kemungkinan dua seri awal di Qatar yang juga rawan batal pada jadwal yang sudah disusun.

Semuanya akibat serangan Covid-19 yang masih saja menggigit di Eropa dan kawasan Timur Tengah, membuat banyak negara melakukan pembatasan perjalanan warganya. 

Sebelum Dorna mengeluarkan revisi kalender 2021, kini berkembang spekulasi kalau kemungkinan tes pra musim tahun ini kembali bergeser.

Setelah jadwal Sepang batal dan dipindah ke ke Qatar, kini kemungkinan pindah lagi ke Sirkuit Jerez Spanyol. Dari sini dilanjut dengan seri pembuka GP Portugal di Sirkuit Portimao.

Kemungkinan itu diungkap pembalap Suzuki Alex Rins berdasarkan informasi yang berkembang di lingkungan tim MotoGP.

"Kami saat ini sama sekali tak yakin akan memulai balapan tahun ini di mana. Bisa jadi berawal di Jerez dengan tes pra musim," katanya.

Pembalap Spanyol itu malah membuka kemungkinan format balapan berlangsung seperti tahun lalu. Terpusat di sirkuit-sirkuit Eropa dan tanpa penonton di dalam sirkuit.

"Menyedihkan saat balapan tanpa hiruk-pikuk penonton. Namun pada akhrnya itu adalah solusi terbaik dalam situasi saat ini," tambah Rins. (rnp)

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik