MotoGP 2021: Soal Wasiat Brivio, Joan Mir di Atas GSX-RR Fairing-nya Berlabel 1

Jum'at, 05/02/2021 22:32 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Ada `wasiat` Davide Brivio saat Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020. Pemimpin tim Suzuki itu sangat ingin Mir menggunakan nomor start 1 pada musim 2021 sebagai simbol Mir dan Suzuki sebagai juara. 

"Tapi, itu sepenuhnya keputusan Joan," kata Brivio kala itu.

Kini pemimpin berpengaruh di tim Suzuki itu telah pergi secara mendadak. Ia tinggalkan Suzuki dan gemerlap MotoGP untuk gabung di kegemerlapan balap lain di ajang Formula 1. 

Akankah Mir mewujudkan harapan Brivio, orang pertama yang menariknya ke Suzuki dan menuntunnya menjadi juara dunia?

Jawabannya masih harus ditunggu hingga 12 Februari 2021 nanti saat Suzuki me-launching besutan 2021-nya. 

Sejauh ini Mir belum pernah ungkap nomor start yang akan ia gunakan. Yang jelas hanya ia yang punya hak menggunakan #1 pada fairing motornya.

Bisa jadi ia juga tengah memikirkan kebenaran mitos yang disebut `kutukan nomor 1` yang belakangan menimpa para juara MotoGP.

Mereka yang gunakan nomor 1 pada gagal mempertahankan. Contohnya di era MotoGP adalah Kenny Roberts Jr, Nicky Hayden, Casey Stoner dan Jorge Lorenzo.

Sebaliknya Marc Marquez tak pernah pakai #1 dan bolak-balik juara. Selain karena nomor favorit, sebenarnya ada juga alasan bisnis di balik keengganan pembalap gunakan nomor 1.

Itu menyangkut merchandise yang bisa merepotkan kalau berganti identitas nomor. Di balap F1, Lewis Hamilton juga tetap pakai nomor favoritnya meski dalam status juara bertahan.

Uniknya sudah mulai ada fans yang ngajak taruhan apakah nanti Mir pakai nomor 1 atau nomor tradisinya, 36. 

Hari ini, laman resmi MotoGP malah membuat poling apakah Mir sebaiknya pakai 36 atau berubah?

Hasilnya hingga malam ini sebanyak 51,4% minta Mir tetap pakai 36. Sisanya berharap ia beralih ke nomor 1, dan ini tak ada kaitannya dengan wasiat Brivio. (rnp)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas