F1 2021: Covid Masih Membara, CEO F1 Tetap Ngotot Bikin Rekor 23 Race

Minggu, 07/02/2021 19:02 WIB

mobilinanews (Inggris) - Serangan pandemi Covid-19 masih mengacak-acak jadwal balap F1 sepanjang 2021 dengan rekor 23 race. CEO F1 Stefano Domenicali mengakui banyak tantangan yang dihadapi. Tapi, ia tetap berambisi menggelar 23 balapan.

Setelah mengubah seri pembuka dari Australia ke Bahrain, kini persoalan baru muncul terkait GP  Portuigal yang dislot pada putaran kedua, 2 Mei 2021. Negara itu tercatat saat ini tertinggi kasus C19-nya di Eropa dan berpotensi gagal jadi tuan rumah. Itu diakui Domenicali.

"Semuanya masih dalam proses diskusi.  Saat ini jadwal 2 Mei masih tertulis Portugal. Masih harus dikonfirmasi dan beberapa hari ke depan harus diumumkan," kata Domenicali.

Ia mengakui pihaknya sebagai operator  F1 sudah punya plan A, B, C, dan D untuk menyikapi perkembangan. Ia juga rutin berkomunikasi dengan seluruh penyelenggara serial 2021, termasuk para pengelola sirkuit yang di luar jadwal. Semata untuk berjaga-jaga jika ada perubahan lagi di tengah jalan.

"Semuanya sulit diprediksi. Apa yang diputuskan hari ini besok bisa berubah," lanjutnya.

Pekerjaan terdekatnya adalah mengantisipasi jika Portugal benar-benar gagal menghelat seri kedua. Ia akui alternatif pertama yang akan diputuskan adalah menjadikan dua race ganda di Bahrain pada 28 Maret dan 4 April.

Seperti tahun lalu menjadi GP Bahrain dan GP Sakhir dengan lay out sirkuit yang berbeda.

"Tapi, itu baru rencana. Belum ada yang diputuskan. Prioritas kami adalah menjaga kompetisi berjalan sesuai jadwal yang sudah ditulis," ungkap Domeniceli.

Meski situasinya sulit, ia dan jajarannya masih tetap memelihara ambisi menggelar 23 seri balap musim ini. Ia yakin bisa dilakukan dengan memetakan kemungkinan masalah yang terjadi dan solusinya. 

"Dengan relasi yang kami punya dan komunikasi rutin dengan semua pihak, saya yakin bisa mengamankan 23 race sesuai kalender," imbuh Domeniceli. (rnp)

 

 

TERKINI
Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan