MotoGP 2021: Desmosedici GP21 Meluncur, Lebih Merah Dari Sebelumnya

Rabu, 10/02/2021 03:23 WIB

mobilinanews (Italia) - Penampakan perdana Desmosedici GP21 ke ranah publik dilakukan duet joki Ducati, Jack Miller dan Francesco Bagnaia, lewat acara virtual launching dari  Bologna, Italia. Ada beberapa perubahan halus pada tampilan dibandingkan seri Desmo terdahulu.

Yang langsung terasa dalam pandangan pertama adalah kelir merah khas Ducati yang kali ini lebih merah (tua) dari sebelumnya. Lenovo yang kini jadi sponsor utama untuk 3 tahun ke depan mendapat posisi branding lebih besar dan strategis.

Dari tampilan teknis tak banyak perubahan dalam struktur bodi, setang, sadel dan sebagainya. Hanya ada perubahan minor di aerodinamika, tak lain karena hanya sektor itu (plus perangkat elektronik) yang bisa dikembangkan tim masuk kompetisi 2021. Tak ada pengembangan mesin selain melanjutkan spek 2020 demi mengurangi beban finansial tim akibat pandemi Corona sepanjang tahun lalu.

Miller (Australia) dan Bagnaia (Italia) dalam sambutannya tentu saja mengapungkan hal-hal positif dan optimisme memasuki musim baru bersama tim pabrikan. Tahun lalu keduanya berada di tim satelit Pramac Ducati.

"Ini momen sangat emosional. Mengenakan racing suit merah pertama kalinya dan melihat motor serba merah yang akan saya kendarai tahun ini. Rasanya belum sadar seoenuhnya kalau saya sudah jadi bagian resmi Ducati. Butuh perjalanan panjang untuk sampai di sini," kata Miller yang dijagokan merebut gelar 2021 untuk Ducati sebagaimana gelar satu-satunya yang sudah dibuat rider Australia lainnya, Casey Stoner, pada 2007.

"Ini kali pertama saya pakai seragam resmi tim. Saya bangga telah mencapai tujuan pertama ini. Tujuan berikutnya adalah hasil yang lebih besar. Saya sudah memiliki semua persyaratan untuk kompetitif dan tidak ingin mengecewakan siapa pun," kata Bagnaia, yang sebagai orang Italia mengaku selalu mengidamkan berada di skuad Ducati.

Optimisme kedua joki itu disambut GM Ducati Corse Luigi `Gigi` Dall"Igna dengan optimisme sama. Memulai musim baru dengan dua pembalp baru, katanya, selalu menjadi momen spesial. Dengan semangat bersama yang kuat untuk meningkatkan hasil.

Dengan dua pembalap muda namun sudah berpengalaman di atas Desmosedici menjadi nilai plus di mata Gigi. Keduanya tak perlu masa adaptasi khusus untuk DesmosediciGP21. Apalagi sejauh ini yang berubah di motor hanyalah bagian aerodinamika.

"Saya yakin dengan bersama-sama kami bisa tak hanya mempertahankan gelar konstruktor yang tahun lalu diraih. Tapi juga bisa membidik gelar juara dunia pembalap," ujar Gigi menyebut gelar konstruktor tahun lalu yang baru bisa diraih Ducati setelah 13 tahun. (rnp)

 

TERKINI
Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali