MotoGP 2021: Mesin KTM Makin Sangar Berkat Konsesi?

Sabtu, 13/02/2021 18:52 WIB

mobilinanews (Austria) - Tim Red Bull KTM sudah me-launching RC16 spek 2021. Livery-nya tak banyak beda dengan versi tahun lalu. Yang tak terlihat adalah mesinnya. Benarkah mereka bikin baru di tengah pembekuan mesin untuk pabrikan lain?

Tahun lalu dengan 8 podium di mana 3 di antaranya sebagai juara, sudah cukup untuk memperhitungkan KTM bersaing di musim 2021.

Tahun ini dengan status konsesi yang mereka terima, KTM bisa saja memiliki mesin baru dengan ancaman lebih besar dari yang diperkirakan.

Tahun lalu KTM bersama Aprilia memang punya konsesi atau hak khusus dalam pengembangan motor karena belum pernah meraih kemenangan MotoGP di lintasan kering.

Dengan kemenangan Brad Binder di GP Ceko 2020 maka dengan sendirinya konsesi itu gugur.

Tapi, FIM dan IRTA masih memberikan hak yang sama untuk KTM dan Aprilia ke musim 2021/ Saat sama, pembekuan mesin berlaku untuk 4 pabrikan lain (Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki) dengan alaan penghematan biaya akibat pandemi Covid-19.

Ke-4 pabrikan itu harus gunakan mesin 2020 ke 2021. Pengembangan hanya diizinkan di sektor elektronik dan aerodinamik.

Maka, ada yang curiga kalau KTM akan manfaatkan kesempatan tersebut dengan membangun mesin baru.

Benarkah demikian?

Team Principal Red Bull KTM Pit Beirer tentu saja membantah saat media mempertanyakan soal itu saat launching tim. Ia mengaku ada pengembangan tertentu pada mesin RC16. Tapi, basisnya tetap pada mesin 2020. Sama sekali bukan mesin yang seutuhnya baru,

"Kami juga tak ingin membakar uang dengan membuang mesin 2020 yang sudah terbukti cukup mkompetitif tahun lalu. Ini konsep motor yang sama meski memang kami menyentuh beberapa bagian," kata Beirer.

Ia akui dengan fasilitas konsesi yang masih berlaku KTM sebenarnya bisa membangun mesin baru. Tapi, itu tak dilakukan tak lain karena mereka sudah cukup puas dengan performa mesin 2020 yang belum tentu berhasil jika seluruhnya diganti baru.

"Dari evaluasi mesin tahun lalu ada materi yang memang harus dikembangkan, dan bagian itu kami modifikasi saja. Jadi, taka ada perubahan radikal pada motor 2021."

Pada tes pra musim bulan depan di Qatar baru diketahui seberapa besar potensi yang dimiliki KTM berikut dua joki mudanya di tim pabrikan, Brad Binder dan Miguel Oliveira, yang tahun lalu meyumbang masing-masing 1 dan 2 kemenangan buat KTM. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo